Tags

, , , ,

Motivatorpendidikan.com- Sahabat guru inspiratif jika menjadi guru sudah menjadi pilihan kita, maka kita jangan setengah hati menjalani. Kalau mau jadi guru biasa itu sudah banyak, tapi yang mau jadi guru di atas rata-rata itu sedikit. Nah, tinggal kita pilih mau jadi guru biasa atau guru di atas rata-rata.

Guru di atas rata-rata saya biasa menyebutnya dengan Guru Inspiratif, apa itu guru inspiratif. Guru inspiratif adalah jika kita mampu merubah pola pikir dan perilaku siswa menjadi lebih baik maka kita bisa disebut guru inspiratif. Namun kalau kita baru bisa mentransfer ilmu pengetahuan tapi pola pikir dan akhlak siswa-siswa kita tidak mengalami perkembangan ke arah yang lebih baik, maka bisa jadi ada yang salah dari cara kita mengajar.

Lalu bagaimana cara kita bisa menjadi guru inspiratif, banyak cara sih, tapi saya akan sampaikan 4 hal saja, selain membaca tulisan ini lebih lengkap anda bisa melihat video di bawah ini, durasinya tidak lebih dari 10 menit kok, tapi bisa jadi manfaatnya bisa berjam-jam atau bertahun-tahun. O ia kata kunci dari Guru Inspiratif adalah “Mendidik Dengan Keteladan Dan Cinta”.

  1. Memberikan Teladan Nilai-Nilai Kedisplinan : Nilai kedisplinan bagi guru yang berlabel guru inspiratif wajib ia miliki, seperti datang sebelum waktu bel masuk sekolah atau lebih bagus kita datang ke sekolah sebelum siswa-siswa datang, berpaikain dengan rapi dan bersih, masuk ke kelas saat jam pelajaran dimulai tepat waktu begitupun ketika jam pelajaran berakhir maka harus segera keluar, karena guru berikutnya sudah menunggu.
  2. Memberikan Teladan Melaui Sikap atau Akhlak : Guru adalah sosok teladan bagi siswa-siwinya, maka sudah sepatutnya ketika kita memilih profesi guru maka kita harus bisa menjaga sikap kita agar tetap baik, seperti dalam berbicara, berkomunikasi dengan siswa atau sesama guru, yang lebih penting juga kita bisa menjadi teladan dalam kehidupan nyata bukan hanya ketika di sekolah saja.
  3. Kemampuan Guru Mengelola Kelas : Anda pernah membaca artikel saya yang berjudul “Kelas Rame Ciri Guru Kreatif”  jika belum silahkan membacanya. Jika kita ingin mendaptkan label guru inspiratif maka kita harus mampu mengelola kelasnya dengan aktif dan dinamis, dalam buku saya yang akan dilaunching tiga bulan kedepan saya menyebutnya Guru Inspiratif harus mampu menjadikan kelas yang dinamis dan aktif layaknya kelas-kelas training yang biasa ikuti. Sebuah kelas yang membuat siswanya betah di kelas walaupun bel istirahat sudah waktunya.
  4. Sosok Guru Pembelajar : Guru yang hebat adalah mereka yang terus belajar memantaskan diri atau saya juga sering menyebut dengan Sosok Guru Pembelajar. Guru inspiratif adalah mereka yang tidak menjadikan wisuda sebagai akhir belajarnya, melainkan sebuah langkah baru untuk terus belajar, maka jika kita ingin menjadi sosok guru inspiratif buku harus menjadi sahabt utama kita. Guru inspiratif juga merupakan sosok yang merasa tida ego dengan kemampuan yang dimilikinya, sehingga ia mau terus belajar dan berbagi dengan guru-guru lainnya lewat berbagai komunitas.

Nah, sekarang pilihan ada ditangan kita, mau jadi Guru Inspiratif yang akan dikenang sepanjang masa atau mau Jadi Guru Lontong Basi yang kehadirannya tidak pernah dirindukan oleh siswa. Mari berbagi kebaikan dengan men share artikel ini dan jangan lupa bergabung dengan Komunitas Guru Inspiratif ajak juga teman-teman guru hebat lainnya.

Advertisements