Tags

, , , , , , , ,

Breafing

Sumber Gambar : http://www.ipog.edu.br

Apa kabar sahabat?, Terimakasih anda masih setia mampir di blog saya, kali ini saya ingin berbagi kembali tentang pengalaman nyata dalam dunia pendidikan. Tentu bagi anda sering berkunjung dan membaca tulisan-tulisan saya tidak aneh lagi kan? sebagian besar tulisan saya merupakan catatan inspirasi saya dalam dunia pendidikan.

Nah, dalam kesempatan kali ini saya ingin berbagi tentang 4 Manfaat Briefing Pagi Di Sekolah. Tapi ngomong-ngomong apakah disekolah sahabat setiap pagi dilaksanakan briefing atau tidak?. Kalau yang sudah tentu tulisan ini sebagai informasi yang bisa mendukung sekolah sahabat untuk terus melaksanakan briefing pagi setiap hari. Jika belum ada breafing pagi, mungkin tulisan ini jadi inspirasi buat sahabat.

Ditempat saya ditugaskan sebagai kepala sekolah yaitu di Sekolah Akhlak Briefing pagi dilaksanakan setiap hari senin-jum’at, kegiatan brefing pagi sudah berjalan sejak sekolah ini berdiri. Nah berikut ini saya akan share Apa Sih Manfaatnya Briefing Pagi?

1. Menjadikan Guru Disiplin dan Datang In Time : di sekolah saya masuk sekolah Jam 07.00, Jadi ketika bel berbunyi semua guru dan tenaga pendidik yang lain sudah berkumpul di halaman sekolah ada di depan kantor. Kegiatan Briefing dilaksanakan hanya 5 menit setiap harinya. Karena briefing ini dilaksanakan jam 07.00, maka semua guru harus datang sebelum jam 07.00 atau dengan kata lain mereka wajib datang In Time, yaitu sebelum bel berbunyi. Jika ada guru yang terlambat, maka dalam brefing tersebut akan bisa diketahui dan mereka akan merasa malu, karena saat briefing berlangsung guru tersebut baru datang. Tentu kondisi ini akan membuat guru berlomba-lomba agar bisa masuk in Time.

2.Motivasi setiap pagi : Sebagai kepala sekolah setiap briefing saya selalu menyampaikan motivasi kepada para guru, motivasi tersebut saya sampaikan lewat cerita-cerita singkat yang inspiratif. Tentu tujuannya adalah agar setiap hari para guru termotivasi dalam menjalankan amanahnya sebagai guru yang mulia. selain itu bagi guru yang malas membaca, maka setiap hari mereka akan memperoleh informasi baru tentang segala hal yang membuat mereka semakin termotivasi untuk meningkatkan kapasitas diri menjadi lebih baik. Dengan demikian sebagai sebagai kepala sekolah maka membaca sudah menjadi kebutuhan wajib bagi saya, karena setiap hari pula saya harus berbagai motivasi dan inspirasi kepada teman-teman guru.

3. Informasi yang cepat tersampaikan : Briefing adalah waktu yang tepat untuk menyampaikan segala informasi, lewat brefing biasanya saya menyampaikan juga perkembangan kurikulum, agenda kegiatan, mendengarkan laporan guru dan berbagai informasi lain yang bisa disampaikan secara singkat, dengan demikian maka informasi apapun dapat di sampaikan dengan cepat.

4. Berbagi tugas dengan efektif : Brefing juga bisa digunakan untuk menyampaikan tentang hal yang berkaitan dengan berbagi tugas atau delegasi, misalkan ada guru yang tidak masuk maka pada brefing tersebut bisa langsung disampaikan siapa yang harus segera mengambil peran tersebut.

Nah, sementara 4 hal ini yang bisa saya sampaikan, semoga bisa menjadi inspirasi bagi bapak/ibu guru, terutama bagi anda yang bertugas sebagai kepala sekolah. Bagi yang belum melaksanakan briefing pagi, selamat mencoba dan rasakan manfaatnya. Terimakasih…

Header Motivator Pendidikan GIF

