Tags

, , , ,

Poster Karya Terbaik Guru

Apa kabar sahabat? Terimakasih masih setia membaca tulisan-tulisan saya yang sederhana ini. di Jum’at yang berkah ini saya ingin berbagi tentang bagaimana kita bisa menjadi guru terbaik dengan menghasilkan karya-karya bermanfaat.

Tulisan ini sebenarnya merupakan refleksi 10 tahun saya menjadi guru di pendidikan formal, maret 2004 saya mulai mengajar di sekolah formal yaitu di sekolah dasar, selama 10 tahun mengajar saya pernah mengalami mengajar di beberapa tingkatan yaitu SD, SMP dan SMA serta selain itu saya juga menjadi dosen.

Lalu apa karya yang sudah saya hasilkan selam 10 tahun yang saya lalui? Seberapa besar nilai manfaat karya-karya yang telah saya hasilkan untuk dunia pendidikan? lalu karya apa yang akan dibuat 10 tahun kedepan?

Saat menulis refleksi ini sayapun terbawa kemasa 10 tahun lalu saat saya pertama kali mengajar di sekolah formal. Sebagai pendidik memang belum banyak prestasi yang saya hasilkan tapi paling tidak saya pernah membangu ide dan gagasan selama 10 tahun yang saya lewati.

Selama 10 tahun saya menjadi guru ada beberapa hal yang pernah saya lakukan, yaitu memulai gagasan-gagasan awal dan ide kreatif di 4 sekolah (saya merasakan bagaimana luar biasa memulai di 4 sekolah yang baru berdiri tersebut mulai dari perizinan, penerimaan peserta didik baru sampai dengan akreditasi), membuat logo di 3 sekolah baru, membuat Brand di 2 sekolah dengan implementasi program kegiataannya yaitu, creative school dan sekolah akhlak.

2 Brand yang saya bangun merupakan pondasi atau blu print nya sebuah sekolah dimasa kini dan masa yang akan datang. Brand-brand tersebut harus bisa secara real dilaksanakan dan Alhamdulillah kedua Brand yang saya bangun bisa dilaksanakan secara baik dan menghasilkan sesuatu yang memiliki nilai manfaat.

Perlu sahabat ketahui dalam membangun sebuah brand disebuah lingkungan baru tidaklah mudah, karena akan banyak orang yang mencemooh ide-ide yang menurut kita kreatif tapi menurut orang lain di anggap aneh. Hal ini saya alami sendiri, tapi saya tidak pernah mempedulikan hal tersebut, karena apa yang saya lakukan tidaklah merugikan orang lain dan saya merasa apa yang saya lakukan memiliki nilai manfaat untuk kemajuan sekolah.

Setelah brand-brand yang saya bangun berjalan dengan baik dan lancar, pelan-pelan orang-orang yang menyepelekan dan mengkirtik ide yang saya lakukan mulai meniru juga. Saat itu saya hanya bisa tersenyum dan tidak ingin membalasanya.

Kemudian jangan bersedih, jika-jika ide yang selama ini sudah kita bangun untuk memajukan sekolah dengan melakukan berbagai karya terbaik, kemudian di nikmati oleh orang lain hasilnya dan akhirnya diakui sebagai hasil karnyanya. Karena sebagai guru kreatif kita tentu punya banyak cara untuk berlari lebih kencang dengan menghasilkan karya-karya terbaru yang sesuai dengan kebutuhan masayarakat.

Kini saya sedang membangun mimpi untuk membangun Brand Sekolah Akhlak menjadi lebih membumi yaitu sekolah yang mengedapankan kurikulum akhlak, parenting nabawiyah, serta kurikulum yang lebih simple namun menghasilkan anak-anak berkualitas terbaik.

Lalu bagaimana tips menjadi guru terbaik dengan hasil karya yang bermanfaat? untuk menjawab pertanyaan ini sebenarnya saya pun tidak mampu, karena saya merasa belum melakukan banyak hal-hal yang monumental. Namun, paling tidak saya hanya ingin sekedar sering dari pengalaman yang saya pernah lakukan.

5 Tips Menjadi Guru Terbaik dengan Hasil Karya Yang Bermanfaat

1. Bermimpilah untuk menjadi guru tidak biasa, apa maksudnya? jika kita sudah menguatkan diri untuk menjadi guru, maka bertekadlah dalam hati “saya tidak ingin menjadi guru biasa-biasa saja seperti kebanyakan guru pada umumnya”. karena ada lebih dari 3 juta guru di Indonesia, tapi hanya berapa persen guru yang hari-harinya terus melakukan kreativitas. Nah kita harus menjadi bagian dari guru yang di atas kemampuan rata-rata.

2. Belajarlah untuk mewujudkan mimpi tersebut dari guru-guru hebat disekitar kita. Sebelum kita bertekad mewujudkan mimpi kita untuk menjadi guru yang tidak biasa, langkah awal yang harus kita lakukan adalah banyak-banyak belajar dari guru-guru inspiratif di lingkungan sekitar kita, belajar dari guru-guru yang sudah mendapatkan berbagai penghargaan atas karya-karyanya, lihatlah apa sebenarnya yang sudah dilakukan guru tersebut sehingga bisa mendapatkan berbagai penghargaan.

3. Wujudkan mimpi lewat ide kreatif yang sederhana namun bermanfaat. Sekarang saatnya mewujudkan mimpi-mimpi kita untuk jadi guru luar biasa. buatlah ide kreatif yang sederhana di lingkungan sekolah yang nilai manfaatnya bisa dirasakan oleh warga sekolah. Misalkan kita melakukan gerakan “Masuk Lorong Pungut Sampah” atau “Satu langkah Satu Sampah” maksudnya adalah jika kita jalan di lorong-lorong atau halaman sekolah jika menemukan sampah pungutlah dengan tangan kita sendiri tidak usah menyuruh siswa. Lakukan kegiatan ini dengan konsisten selama setahun, saya yakin kita akan menjadi sosok inspiratif minimal bagi siswa-siswa kita.

4. Libatkan diri dalam membangun Ide Kreatif untuk sekolah. Beranilah dengan mengungkapkan gagasan dan ide kreatif kita kepada atasan kita misalkan yayasan atau kepala sekolah. Contohnya adalah gerakan “Diskusi Buku Mingguan” , nah tentu yang harus memulai adalah dari kita sendiri yaitu dengan cara merutinkan membaca buku setiap hari, meminjamkan buku kepada rekan sejawat, menceritakan hikmah-hikmah buku yang kita baca kepada siswa. Jika budaya ini sudah kita lakukan, maka langkah selanjutnya adalah melakukan gerakan yang lebih besar yaitu dengan cara melakukan kajian-kajian terhadap buku yang bisa memberikan nilai manfaat untuk diri sendiri dan orang lain.

5. Sabarlah dan teruslah berkarya. Menjadi guru beda atau di atas rata-rata dengan berbagai ide dan gagasan kreatifnya tidaklah semudah dengan apa yang saya tuliskan ini. Karena selalu saja ada orang yang tidak suka dengan apa yang kita lakukan, oleh sebab itu tetaplah besar dan teruslah melakukan kebaikan-kebaikan sederhana yang bernilai manfaat.

Semoga artikel ini bisa memompa kita untuk menjadi guru terbaik bagi siswa-siswa kita. Amin…

Advertisements