Tags

, , , , , , , ,

POSTER AKU BANGGA JADI GURU2

Bagaimana sahabat sudah membaca artikel pertama saya kan tentang Tips Guru Baru Agar Tampil Percaya Diri Saat Mengajar#1. Pada artikel berikutnya saya akan membahas tentang Tips Pecaya Diri Saat Tesc Micro Teaching Guru Baru.

Berikut ini saya sampaikan pengalaman sebagi orang yang pernah melalukan Tes Micro Teaching kepada puluhan guru, mereka adalah para sarjana yang baru lulus, ada juga mereka yang pindah mengajar dengan berbagai alasan. Tentu biasanya dari sekian pelamar yang ikut tes micro teaching biasanya hanya sedikit yang lulus. karena menurut saya sebagai lembaga yang akan menggunakan calon guru tersebut, kemampuan mengajar dan menguasai kelas hal yang sangat penting yang harus dimiliki, sedangkan ilmu pengetahuan bisa di upgrade terus dengan berjalannya waktu. Ingat lembaga kita dan anak-anak bukanlah tempat percobaan untuk orang belajar mengajar, oleh sebab itu tips saya yang pertama Tips Guru Baru Agar Tampil Percaya Diri Saat Mengajar#1 wajib dibaca, karena distulah tempat belajar terbaik bagi calon guru.

Tips Pecaya Diri Saat Tes Micro Teaching Guru Baru.

1. Siapkan mental : Saya yakin setiap orang punya harapan besar kepada sebuah lembaga yang sedang dituju, yaitu bisa diterima mengajar ditempat tersebut. Penting untuk kita menyiapkan mental pemberani juga mental penerima alias siap dengan senang hati jika kita lulus tes juga harus legowo saat keberuntungan belum berpihak pada kita. Jika diterima bersyukur dan tetap bersemangat untuk belajar jadi guru yang baik, jika belum diterima terus belajar agar kelak saat melamar lagi kita bisa lulus.

2. Belajar beberapa materi yang dan kuasai dengan benar  : Jika kita akan di tes Micro Teaching maka sebaiknya sehari sebelumnya kita sudah belajar tentang materi yang mungkin akan kita gunakan untuk bahan megajar. Misalkan kita sudah tahu saat micro teaching nanti kita akan mengajar kelas 1 SD, maka bacalah buku-buku tersebut dengan baik. Jika belum tahu harus praktek mengajar dikelas berapa maka tetaplah untuk bersiap diri dengan materi yang paling dikuasai.

3. Datang In Time : Tentang In Time sudah saya jelaskan di artikel sebelumnya, yaitu datang sebelum waktu yang ditentukan.

4. Berpakaian Rapih, Bersih dan Wangi : Pantaskalah diri kita dengan pakaian yang bersih, rapi dan wangi, ingat jangan berlebihan dan jangan sampai salah kostum.

5. Tampil Percaya Diri dan Tenang : Tampilah percaya diri dan tetap tenang saat kita masuk kedalam ruang kelas yang akan dijadikan tempat tesc micro teaching.

6. Menggunakan bahasa yang jelas dan lakukan improvisasi : Kemampuan mengajar seorang guru sangat terlihat dari intonasi menyampaikan sebuah materi ajar, maka gunakanlah bahasa yang jelas, sederhana, sesuai dengan kemampuan usia kelas yang kita yang sedang kita ajar. lakukanlah improvisasi dengan berkomunikasi dan berinteraksi dengan para siswa, dengan cara berjalan, mengajukan pertanyaan atau dengan memberikan kesempatan untuk bertanya. pada tahap ini salah satu yang paling menentukan lulus atau tidaknya kita tec micro tecahing.

5. Menguasai kelas dan materi : Tentu jika kita sudah memasuki tahap melamar jadi guru dan tes micro teaching. kita pernah mengalami bagaimana mengajar dikelas saat praktek mengajar di sekolah. Nah, banyak karakter siswa yang kita ditemukan dikelas, kadang suasan kelas jadi gaduh, juga sangat rame. bagi kita guru yang baru mengajar, suasana tersebut akan semakin membuat grogi. apa yang terjadi tersebut, dikarenakan kita tidak menguasai materi atau kita belum siap mental. Sekarang saat kita micro teaching, belajar dari saat kita belajar mengajar saat kuliah dulu.

6. Siapakan alat peraga dan instrumen pelengkap : Jika kita bisa menyiapkan hal ini, maka ini akan menjadi point tersidiri bagi kita, dan ini menujukan berati kita benar-benar siap untuk mengajar dikelas.

Setelah tes micro teaching selesai, biasanya pihak yang menilai akan memberikan evaluasi, dimana kelebihan dan kekuarangan yang kita miliki. Perhatikan dengan baik apa yang disampaikan, jika diterima maka perbaikilah.

Demikian tips sederhana yang bisa saya sampaikan, silahkan bagi sahabat yang akan tes micro teaching untuk menjadi guru. Terimakasih.

Artikel berikutnya adalah Tips guru baru agar tampil percaya diri saat mengajar, Tips kepala sekolah melatih guru agar lebih pecaya diri saat mengajar dan tampil di depan umum.

Download Proposal Training Pelajar Inspiratif

Advertisements