Tags

, , , , , , ,

POSTER AKU BANGGA JADI GURU

Beberapa hari yang lalu ada sebuah pertanyaan pada artikel yang saya posting dengan judul 10 Tips Jadi Guru Kreatif berikut ini adalah pertanyaannya :

Assalammua’laikum , wr,wb mas bagai mana kalo kita Kurang PD , saat kita mengajar , dan pada waktu yang sama juga juga ada Guru lain yang bersama kita , bagai mana solusi agar kita tetap pada prinsif kita mas , dalam mrengajar mas ? , terimakasih (shalihahbarakallah)

Berikut ini saya sampaikan beberapa Tips agar tampil percaya diri saat pertama kali mengajar, tips ini merupakan pengalaman pribadi saya dan silahkan sahabat bisa praktekan. Saya uraikan dari saat saya masih kuliah, sudah menjadi guru, menjadi kepala sekolah dan saat saya bertugas sebagai pejabat yang berwenang untuk menguji calon guru baru. Tulisan ini saya buat bersambung karena banyaknya bahasan silahkan menyimak tulisan dibagian pertama ini.

Tips Saat Kuliah (Bagi sekarang yang sedang kuliah di FKIP)

Nah, kalau sahabat saat ini masih kuliah di FKIP dan memiliki impian jadi Guru Inspiratif berikut ini hal wajib dilakukan saat kuliah :

1. Aktif berorganisasi : ini adalah tips paling ampuh untuk melatih rasa percaya diri kita, beroganisasi memungkinkan kita banyak berinteraksi dengan banyak orang, saat berinteraksi dengan banyak orang, berbicara saat rapat, memberikan sambutan saat acara-acara tertentu dan berbagai moment lain yang bisa kita gunakan dengan sebaik-baiknya. O, ia aktif beroganisasi juga memungkinkan kita dapat fasilitas berbagai pelatihan gratis salah satunya adalah pelatihan public speaking.

2. Duduk paling depan saat perkuliahan : Mulailah saat kita kuliah untuk duduk pada barisan paling depan, biasanya orang yang duduk pada barisan paling depan adalah sosok pemberani yang siap bertanya dan siap menjawab pertanyaan. selain itu duduk dibarisan paling depan membuat kita konsentrasi mendengarkan apa yang dosen sampaikan dan disaat yang sama kita bisa belajar bagaimana cara yang dosen mengajar.

3. Jadi pembicara pertama saat presentasi kelompok saat perkuliahan : Semua mahasiswa saya yakin pernah tampil dalam presentasi tugas kelompok atau tugas individu di dalam perkuliahan.Nah, jika saat presentasi kelompok jadilah kita orang yang pertama berbicara, entah kita sebagai moderator atau memang yang langsung presentasi. Jika hal ini dibiasakan maka percaya diri akan semakin tumbuh dalam jiwa kita  dan ingat kualitas kita saat berbicara menunjukan keilmuan yang kita miliki.

4.Berani bertanya dan menyampaikan gagasan : Jika dosen memberikan kesempatan untuk bertanya dan menyampaikan gagasan, maka segeralah kita untuk berdiri atau mengacungkan tangan dan katakan “Saya bu/pak” dan sampaikan pertanyaan kita dan gagasan cemerlang tersebut, ingat penanya pertama dan penanya berikutnya berbeda, biasanya orang yang pertama bertanya adalah sosok yang memang sangat percaya diri. Jika tidak dapat kesempatan pertama atau kedua maka tetaplah berusaha untuk bertanya atau mengungkapkan gagasan saat perkuliahan berlangsung.

5. Berteman dengan orang-orang pecaya diri dan teman yang sudah mengajar : Dengan siapa kita berteman menentukan kepribadian kita, maka bertemanlah dengan orang yang percaya diri dan bertemanlah dengan yang sudah mengajar karena darinya kita bisa menggali ilmu.

Tips Saat Tampil Praktek Micro Teaching dan Praktek Mengajar 

Praktek Micro Teaching dan Praktek Mengajar (PPL) bagi mahasiswa keguruan adalah sesuatu yang wajib nah, berikut ini tips yang harus dilakukan :

1. Tampil dengan rapih dan wangi : Sebagai seorang guru atau calon guru maka tampil dengan rapih dan wangi (tidak bau) adalah hal yang wajib kita lakukan. karena guru merupakan sosok yang selalu berada disekitar siswa, oleh sebab itu jangan sampai siswa-siswa kita terganggu oleh bau tidak sedap atau baju kusut yang kita pakai.

2. Kuasai materi ajar :  Banyak mahasiswa yang tampil gugup atau grogi alias tidak percaya diri saat pertama kali mengajar (micro teaching) dikarenakan tidak menguasai materi apa yang harus diajarkan. Maka menguasai materi ajar adalah hal yang sangat penting agar kita memiliki bahasan yang akan disampaikan.

3. Tenang dan Kalem : Percaya diri boleh tapi jagan terlalu berlebihan, tetaplah tenang dan kalem saat pertama kali mengajar, agaplah siswa didepan kita adalah sahabat-sahabat terbaik, jadi hadapi mereka dengan tenang. ingat saat kita nanti jadi guru memang sudah selayaknnya siswa kita jadikan sahabat terbaik saat mengajar.

4. Datang In Time : Saya pernah membahas tentang In Time di artikel sebelumnya silahkan dibaca . Jadi jika kita akan micro teaching atau praktek mengajar, maka datanglah sebelum waktu yang sudah ditentukan, karena dengan seperti ini kita akan memiliki banyak waktu untuk persiapan dan juga bisa melihat-lihat kondisi disekitar tempat praktek.

Demikian Tips sederhana dari saya yang bisa sahabat lakukan, pada tulisan berikutnya saya akan membahas Tips percaya diri saat micro teaching tes menjadi guru baru, Tips guru baru agar tampil percaya diri saat mengajar, Tips kepala sekolah melatih guru agar lebih pecaya diri saat mengajar dan tampil di depan umum.

Download Proposal Training Pelajar Inspiratif

Advertisements