Tags

, ,

Satu Tahun Ikatan Profesi Guru Indonesia

Tepat pada tanggal 28 November 2014 ratusan aktivis pendidikan dari berbagai wilayah di Jabodetabek, Jawa Tengah, Jawa Timur, Jawa Barat, Banten, Lampung, Jambi dan wilayah lainnya berdatangan ke kampus perjuangan Universitas Negeri Jakarta (UNJ) tepatnya di wisma UNJ Jakarta, mereka datang dengan biaya masing-masing. Kedatangan para aktivis ini merupakan bagian dari semangat dan kepedulian mereka terhadap peningkatan kualitas pendidikan Indonesia. Pada hari itu digelar Rapat Kerja Nasional (Rakernas) IPGI pertama kalinya yang sebelumnya digelar acara deklarasi IPGI digedung Ki Hajar Dewantara ( Gedung Sertifikasi Guru UNJ).

Tahun ini Ikatan Profesi Guru Indonesia (IPGI) memasuki usia 1 tahun, Ibarat bayi yang baru lahir, kami baru mulai merangkak, lalu duduk, berdiri, berjalan dan kemudian berlari. Proses ini tentu kami nikmati, karena tidak ada seorang bayi yang lahir kedunia ini kemudian langsung bisa berlari. Begitupun dengan sebuah organisasi, tidak ada organisasi yang baru lahir kemudian langsung menjadi sebuah organisasi besar.

Ikatan Profesi Guru Indonesia memiliki mimpi besar, mimpi untuk membangun guru-guru Indonesia menjadi guru terbaik, karena kami dan anda semua meyakini bahwa Guru adalah ujung tombak pendidikan. Tidak akan pernah lahir murid-murid yang hebat, kualitas pendidikan yang baik tanpa seorang guru berkompeten dalam berbagai bidangnya.

Karena begitu pentingnya guru dalam membangun pendidikan Indonesia, maka fokus IPGI sebagai sebuah organisasi guru yang Independen adalah pada bidang peningkatan kualitas dan kesejahteraan guru. IPGI berusaha menghadirkan berbagai bentuk pelatihan bagi guru yang aplikatif atau siap pakai, seperti PTK, Public Speaking, Managemen Strategi Pengelolaan Kelas, Ice Breaking, Pelatihan Menulis, Pelatihan Pemanfaatan IT, Pelatihan Pengembangan Budaya Literasi, Parenting, Pelatihan Pengembangan Potensi Guru ( Dalam upaya membangun kesejahteraan guru secara mandiri) dan berbagai program pelatihan lainnya.

1 Tahun adalah waktu yang begitu cepat, sehingga banyak hal yang belum kami lakukan secara maksimal, mohon doanya semoga memasuki tahun kedua ini IPGI mampu memberikan Inspirasi dan Motivasi bagi guru diseluruh Indonesia. Mari mengambil peran bersama kami untuk memajukan pendidikan Indonesia, setiap diri kita punya potensi yang bisa kita bagikan kepada orang lain, inilah waktu yang tepat bagi kita untuk turut serta dalam membangun pendidikan Indonesia.

Terimakasih, salam guru Indonesia Tercinta, Teruslah menjadi Guru Inspiratif !

Jum’at, 27 November 2015.
Pengurus Pusat Ikatan Profesi Guru Indonesia (IPGI).

Advertisements