Tags

, , , , ,

Poster Guru Kreatif- Mencintai Profesi Guru

MotivatorPendidikan.Com– Sahabat, jangan jadikan profesi guru sebagai pilihan alternatif setelah tidak mendapatkan pekerjaan yang lainnya. Maka saya sarankan bagi sahabat yang sekarang bermimpi untuk menjadi guru, saat kuliah nanti masuklah ke kampus keguruan. Namun jika sahabat sekarang sudah menikmati profesi sebagai guru, tapi dahulu tidak pernah kuliah di kampus keguruan maka terus untuk memantaskan diri untuk jadi guru dengan cara mengupgrade diri dan tanamkan benih-benih cinta dalam hati.

Menjadi guru adalah profesi yang sangat mulia, oleh sebab itu bersyukurlah bagi sahabat yang telah Allah takdirkan menjadi guru. Kebaikan yang kita tanam pada hari ini akan mendapatkan nilai pahala dari Allah SWT. Oleh sebab itu karena mulianya profesinya ini, maka hanya orang-orang yang berhati mulia yang bisa menjadi guru.

Berikut ini adalah lima tipe orang yang tidak cocok untuk jadi guru :

1.Pemarah : Menjadi guru membutuhkan sebuah kesabaran yang luar biasa, setiap hari kita akan berhadapan dengan berbagai keperibadian anak didik. Merekapun punya keberagaman dalam menerima pelajaran, jika kita tidak sabar dalam menghadapi situasi ini, maka bisa jadi amarah yang akan keluar dari mulut kita. Guru pemarah hanya akan melahirkan murid-murid yang tidak percaya diri, guru pemarah pun tidak akan pernah disukai oleh peserta didik.Menjadi guru perlu memiliki rasa humoris, dimana sanga guru bisa bermain peran untuk menjadi sosok yang menyenangkan.

Pemarah
Sumber Gambar : Google

2.Pembangkang : Jika sahabat adalah pribadi pembangkang, rasanya profesi guru bukanlah pilihan yang tepat. Guru pembakang adalah guru yang tidak mematuhi peraturan sekolah, tidak mendengar nasihat atasan, sombong dalam bersikap, angkuh dalam penampilan, serta merasa sudah berilmu tinggi. Sadarilah pada dasarnya guru adalah sosok pembelajar, maka sudah sebaiknya guru untuk terus memperbaiki diri dari setiap kekurangannya.

Pembakang
Sumber Gambar : Google

3.Pemalu : Pecaya diri mutlak diperlukan oleh seorang guru, karena seharian guru akan berada di depan anak didiknya, bukan hanya diam tapi terus bergerak dan berbicara. Nah, jika sahabat orang yang pemalu rasanya profesi ini tidak cocok untuk dijadikan pilihan.

Pemalu
Sumber Gambar : Google

4.Pemalas : Salah satu tugas guru adalah sebagai motivator bagi anak didiknya, yaitu memberikan motivasi kepada anak didiknya agar rajin belajar, datang tepat waktu, mengerjakan tugas, berakhlak, berprestasi dan lain sebagainya. Nah, jika sahabat tipe orang yang malas-malasan, malas bangun bagi, malas berinteraksi dengan orang, malas memulai hal baru, malas mengerjakan sesuatu, maka guru bukan pilihan profesi yang tepat. Karena seorang guru setiap saat dituntut untuk menjadi sosok yang energik.

pemalas
Sumber Gambar : Google

5.Pengeluh : Masih mengeluh jadi guru gaji kecil, pergi pagi pulang sore penghasilan pas-pasan, pusing menghadapi anak didik yang beraneka ragam, dan berbagai keluhan lainnya. Kelihatannya sahabat kurang pas jika memilih profesi ini, sudah bukan rahasia umum bahwa menjadi guru adalah sebuah profesi yang tidak menghasilkan pundi-pundi uang berlimpah tapi pundi-pundi amal yang kelah keberkahan itu akan kita rasakan.

Pengeluh
Sumber Gambar : Google

Lalu bagaimana jika sahabat sudah menjadi guru tapi lima tipe itu ada dalam diri, maka mulailah untuk memperbaiki diri dari keadaan tersebut agar menjadi guru Inspiratif, ingat guru adalah profesi yang mulia maka hanya orang-orang yang hati mulia yang bisa menyadang gelar itu. Semoga bermanfaat.

Advertisements