Tags

, , ,

Gambar Legging

MotivatorPendidikan.Com -Mungkin apa yang saya sampaikan berikut ini adalah sesuatu yang sepele bagi sebagian orang, apalagi masalah legging segala ditulis di blog, tapi bagi saya ini adalah sesuatu yang amat penting karena berhubungan dengan keyakinan kita akan aturan Islam.

 Saya ingin mengawali tulisan ini dengan kisah waktu saya masih sekolah dasar, pada umunya pada tahun-tahun saya sekolah SD yaitu sekitar tahun 1990 guru-guru belum banyak yang memakai jilbab atau berhijab. Kebanyakan guru-guru memakai rok selutut, nah banyak kejadian yang menjadi bahan tertawaan anak-anak kelas 6 SD, ketika guru perempuan sedang duduk di kantor, mereka sering tidak sadar duduk pada posisi tertentu, sehingga mohon maaf bagian dalamnya atau cd nya terlihat. Kejadian ini bukan hanya kepada guru-guru perempuan tapi juga anak-anak perempuan, bahkan dikelas saya anak laki-laki suka iseng dengan menjepretkan karet bagian dalam rok anak-anak perempuan, mungkin mereka iseng. Apakah sahabat juga mengalami hal yang sama dengan saya, namun pada waktu itu belum ramai tentang pembahasan pelaporan kasus sekolah orang tua, mungkin jika ada pada saat ini bisa gawat jadinya.

Saya bersyukur saat ini sudah banyak sekolah yang guru-gurunya berhijab begitupun dengan murid-muridnya kalau tidak memakai jilbab biasanya mereka menggunakan rok panjang. Namun kondisi ini belum lah aman, sebagai orang yang sering pulang pergi Jakarta Cibubur menggunakan motor saya sangat sering menyaksikan anak-anak sekolah SMP atau SMA membawa motor berboncengan dengan temannya yang menggunakan seragam sekolah berjilbab tapi mohon maaf pahanya kemana-kemana.  Tentu kita paham kalau perempuan yang naik motor tidak menggunakan celana alias pake rok, mau tidak mau roknya agar tergulung. Apa yang terjadi, karena mereka tidak menggunakan celana ketat panjang di dalam rok, atau biasaya kaum hawa sering menyebutnya legging.

Sebarapa penting Legging untuk anak-anak perempuan kita?

Legging memiliki peranan penting untuk menjaga aurat anak-anak perempuan kita, karena berjilbab atau menggunakan rok panjang saja tidak cukup. Anak-anak perempuan kita saat di sekolah atau di kampus banyak melakukan aktivitas yang terkadang secara tidak sadar akan membuka bagian aurat mereka.

Sejak kapan anak-anak perempuan kita di pakaikan Legging?

Saya sendiri mewajibakan anak-anak perempuan saya memakai legging sejak mereka masih balita, saya sudah terapkan jika mereka mau main keluar rumah harus menggunakan legging atau celana panjang, terutama anak saya yang usianya sudah 5 tahun. Menurut saya hal ini penting dibiasakan sejak kecil, jika sudah biasa, maka anak-anak akan merasa ada yang kurang jika tidak memakainya.

Bagaimana melakukannya dan siapa yang bertanggung jawab ?

Tugas pertama adalah orang tua, jika kita yakin menutup aurat adalah sudah menjadi kewajiban maka tugas orang tua adalah menyediakan pakaian pendukung bagi anak-anaknya. Yang selanjutnya adalah tugas sekolah, yaitu dimulai dari TK, SD,SMP,SMA bahkan sampai dengan Perguruan Tinggi. Saat saya masih menjabat kepala sekolah, saya membuat peraturan resmi secara tertulis, yaitu bagi anak-anak perempuan mulai dari kelas satu SD wajib menggunakan legging, yang tidak menggunakan legging saya minta untuk pulang kembali kerumah. Sampai saat ini saya menjadi konsultan pendidikan, peraturan itupun saya terapkan kepada sekolah-sekolah yang saya bina.

Sekolah memiliki peran yang sangat penting bagi pembangunan Akhlak Mulia anak-anak perempuan kita, jika sekolah sahabat belum memiliki peraturan tersebut buatlah dari sekarang, muda-mudahan itu bisa menjadi pahala bagi para gurunya. Namun yang paling penting dari itu semua adalah mari kita mulai dengan keteladan yaitu dimulai dari ibunya di rumah dan ibu guru di sekolah dan juga tentu buat kaka-kaka mahasiswa, Yuk berikan contoh pada adik-adikyan. Terimakasih semoga bermanfaat.

Advertisements