Tags

, , , ,

Cara mahasiswa menemukan potensi diri

MotivatorPendidikan- Pagi menjelang siang, sekitar pukul 09.30 saya memasuki salah satu Ruang Kuliah, dimana saya mengajar yaitu mata kuliah manajemen dan organisasi. Memulai perkuliahan saya meminta mahasiswa untuk menempel keretas warna yang sudah mereka sediakan di papan tulis.

Kuliah saya awali dengan pemutaran sebuah Video Setiap Anak Memiliki Potensi Masing-Masing setelah menonton video tersebut saya minta untuk menulis satu kata potensi yang ada pada diri mereka dalam hitungan 1-5. Sebelum saya menghitung suasana mulai gaduh, aduh apa yah, ah aku gak ngerti apa potensiku, pa aku gak tahu apa yang harus ditulis dan berbagai kegelisahan lainnya.

Akhirnya saya katakan ” baik teman-teman, mulai dari sekarang jangan hiraukan teman yang ada disekitarmu, pokoknya dalam hitungan 1-5 semua sudah menulis apa potensi yang ada pada diri masing-masing. 1,2,3, 4,5, baik kelompok satu silahkan tempelkan di keretas warna hasil yang di tulisnya dan pada akhirnya sekitar 30 mahasiswa bisa menemukan potensinya dalam waktu tidak lebih dari 5 Menit.

Setelah mereka berhasil melakukan itu, saya tanyakan kepada mereka “Apa yang membuat kalian gelisah, kok pada bingung yah, terus tadi kenapa akhirnya bisa menulis? Apakah dari TK sampai SMA tidak ada satupun guru yang menyuruh kalian mengenali potensi masing-masing dan apakah diantara mereka yang mengatakan “iniloh potensi mu nak” dan berbagai pertanyaan lain.

Ininya mereka bingung apa yang harus ditulis, karena inilah pertama kali dalam hidupnya mereka harus menulis sendiri potensi yang ada pada diri mereka. Sementara selama ini orang tua dan guru merekapun tidak pernah meminta hal tersebut. lalu saya katakan “Beruntunglah teman-teman bertemu dengan saya” dan tepuk tangan meriahpun saling membahana ada rasa bangga dan bahagia mereka akhirnya bisa menemukan potensi masing-masing.

Lalu saya katakan lagi jika teman-teman tidak bertemu dengan saya, mungkin akan seumur hidup teman-teman tidak akan pernah tahu potensi pada diri masing-masing. Merekapun ternyata punya potensi yang beragam seperti guru, pembicara, kartunis, pelukis, fotografer, konsultan, penari, penulis, pengusaha dan lain sebagainya.

Berikut di bawah ini adalah aktivitas yang menunjukan bagaimana para mahasiswa semester 1 Pekom Uhamka Jakarta ini menikmati sebuah perkuliahan tentang merancang, merencanakan dan membuat sebuah strategi.

Advertisements