Tags

, , , ,

Jpeg

MotivatorPendidikan.Com – Sahabat bagaimana suasana perkuliahan di kelas anda? apakah meyenangkan atau membosankan, atau membuat anda semakin malas untuk kuliah dan akhirnya anda malas-malasan untuk kuliah. Nah, sebagai dosen sekaligus sebagai trainer, saya ingin membuat perkuliahan yang saya bawakan selalu tampil energik dan meyenangkan. O, ia saya mengajar mata Kuliah Manajemen dan Organisasi, Etos Kerja, Etika Profesi, Manajemen Lembaga Pendidikan Non Formal dan Metodologi penelitian.

Jpeg

Bayangkann jika sahabat sebagai mahasiswa saya, maka sahabat akan mendapatkan perkuliahan selam kurang lebih 16 kali pertemuan seperti layaknyanya sahabat mengikuti sebuah Training. Tentu sahabat tahukan bagaimana bedanya kuliah dan training.

Jpeg

Sebagai dosen tentu ini sangat menyenangkan bagi saya, untuk mata kuliah yang waktunya 2 jam setengah atau 3 sks, saya hanya butuh bicara 30 menit, 2 jam saya gunakan untuk mengeksplor kemampuan mahasiswa dengan berbagai kegiatan. Lalu bagaimana dengan mahasiswa. tentu indikatornya adalah kalau mereka gak ngantuk, tertawa ceria, aktif bertanya, berani berpendapat, bearti kuliah yang saya bawakan menyenagkan juga buat mereka.

Jpeg

Video dibawah ini adalah salah satu aktivitas perkuliahan yang saya lakukan bersama mahasiswa, dimana mahasiswa saya minta untuk menonton Video tentang Kondisi anak-anak sekolah di Indonesia  , tugas mahasiswa adalah menganalisa, mencari penyebab, membuat alternatif solusi dan terakhir membuat ekseskusi atau membuat tindakan nyata, apa yang dilakukan berhubungan dengan materi Pemecahan Masalah (Problem Solving).

Advertisements