Tags

, , ,

Namin AB Ibnu Solihin

Motivator Pendidikan – Menjadi dosen adalah menjadi salah satu impian dalam kehidupan saya, untuk menggapainya banyak hal sudah saya siapkan, seperti kuliah S2, menjadikan budaya literasi dalam kehidupan pribadi, keluarga, sekolah dan lingkungan, membangun jaringan dengan para dosen dan terus membuat kreativitas.

kurang lebih selama tiga tahun aktivitas sebagai dosen saya nikmati dan mulai tahun inilah saya sudah fokus menjadi dosen setelah sebelumnya menikmati menjadi guru selama 10 tahun. Selama sepuluh tahun itu pula banyak pengalaman berharga yang saya dapatkan mulai dari guru biasa, wakil kepala sekolah, kepala sekolah dan mendirikan berbagai sekolah. Pengalaman ini pun saya jadikan modal sebagai bahan ajar di dalam mengajar sebagai dosen sekaligus menjadi konslutan pendidikan Islam.

Mungkin saya termasuk berutung, disaat banyak orang lain melamar untuk menjadi dosen, justru saya dilamar untuk menjadi dosen, ya saya di minta untuk mengabdi pada almater saya sebagai dosen, karena saya di anggap sebagai mahasiswa pascasarjana berprestasi dan dianggap mampu mengampu beberapa mata kuliah yang cocok dengan saya. Saat ini saya menjadi dosen luar biasa di prodi Pendidikan Ekonomi Uhamka Jakarta dengan mata kuliah Etos Kerja dan Ketahanmalangan, Pengembangan lembaga Pendidikan Non Formal dan Managemen Organisasi. Selain di Uhamka saya juga menjadi dosen di STTM Cileungsi dengan mengampu mata kuliah Metodologi Penelitian.

Sekitar 7 Bulan yang lalu saya diminta untuk bergabung dengan prodi Pendidikan Ekonomi Uhamka tentu banyak kesan yang menarik yang saya peroleh. Mengawali dengan hal yang terbaik, itulah yang selalu saya lakukan ketika orang memprcayai saya untuk melakukan sesuatu, termasuk menjadi dosen. Selama satu semester saya mengajar mahasiswa sebenarnya tidak ada yang istinewa yang saya lakukan, saya mengajarnya layaknya seorang dosen, namun saya membangun kelas yang lebih energik, layaknya kelas-kelas dalam training sayapun melibatkan mahasiswa dalam berbagai kegiatan sehingga mahasiswa bisa ter eksplor segala potensi yang ada pada dirinya.

Siang ini saya bertemu dengan Kaprodi di kampus tempat dimana saya bisa berbagi banyak hal dengan mahasiswa. Berdasarkan evaluasi mahasiswa sebagai dosen baru saya mendapatkan peringkat 1 atau menjadi dosen terbaik pada prodi ini. Sungguh penghargaan yang luar biasa dan juga amanah yang berat.

Pada semester ini akhirnya saya diberi kepercayaan untuk mengampuh 2 mata kuliah yaitu Manajemen Pengembangan Lembaga Pendidikan Non Formal dan Manajemen Organisasi.

