Tags

, , , , ,

Nayyara Zahiya Syihana

Pagi ini aku merenung seorang diri di depan teras rumah, merenungkan tentang segala sesuatu yang telah aku lakukan sebagai seorang guru. Adakah sesuatu yang bisa menginspirasi murid-muridku, akankah ada diantara mereka kelak dua puluh tahun yang akan datang menyampaikan kebanggannya. Bahwa aku adalah sosok inspirasi yang membuat mereka sukses sepeti sekarang.

Sungguh aku merindukan kelak murid-muridku bukan hanya orang-orang yang sukses secara ekonomi, tapi juga mereka mulia dalam akhlak. Karena itulah yang paling aku mimpikan. Aku tidak tahu apa yang akan terjadi pada zaman itu, dua puluh tahun yang akan datang, zaman yang aku mungkin telah tiada atau mungkin aku yang sudah mulai tua.

Aku pun tak beraharap kelak ada murid-muridku ada yang mengatakan “mimpi-mipiku hancur karena guru-guruku”. Sungguh aku berlindung kepada Allah dan memohon ampun kepadanya, jika pada waktu yang sudah ku lewati ada kata dan sikap yang menyakitkan dan menyayat hati murid-muridku. Ah, rasanya menyesal diriku jika ku ingat dulu aku pernah membentak di antara murid-muridku, memukul meja, berteriak dengan kecang di dalam kelas, karena ketidak sabaranku dalam mendidik mereka.

Aku pun tidak berharap kelak ketika aku sedang berjalan, berpapasan dengan murid-muridku, mereka tidak menyapaku. Mungkin karena kesalahanku dimasa lalu bahwa aku tidak pernah menyapa mereka, saat-saat mereka sedang berada di bangku sekolah. Atau karena aku tidak pernah memperhatikan mereka saat mereka butuh perhatian dari seorang guru seperti diriku

Kelak ketika mereka sudah lulus sekolah, sungguh tak ingin ku mendengar mereka tertawa dengan riangnya, karena mentertawakan kebodohonku sebagai guru. Aku tak ingin dikenang sebagai sosok guru yang tidak bersahabat bagi mereka, tidak berwibawa, membosankan, tidak asyik dan segala cap jelek yang lainnya.

Tak ingin mejadi sosok yang tidak instinewa bagi murid-muridku, pagi ini aku bertekad menguatkan diri untuk terus mengasah diri untuk menjadi guru inspiratif bagi murid-muridku. Aku ingin dikenang sebagai guru yang inspiratif bagi murid-muridku yaitu guru yang kata-kata serta perilakunya bisa diteladani.

Poster Iklan Public Speaking Motivator Pendidikan

Blog Motivator Pendidikan Indonesia No. 1

Advertisements