Tags

, , , , , , , ,

pasar cileungsi bogor

Beberapa hari yang lalu tidak seperti biasanya saya mengantar istri kepasar, kenapa tidak biasa? karena kami jarang sekali berbelanja sayuran atau lauk pauk kepasar. Cukup berbelanja pada abang tukang sayur yang ada di perumahan saja. Namun pagi ini setelah subuh istri meminta saya untuk mengantarkannya ke pasar karena ada sesuatu yang mau dibeli dan itu tidak ada pada tukang sayur abang-abang yang suka keliling perumahan.

Sambil menunggu istri berbelanja, saya ditemani putri tercinta berada disebarang jalan pasar memandangi aktivitas para pedagang sayuran, lauk pauk, dan lain sebagainya sedang asyik berinteraksi dengan para pembelinya. saya ingin mengabadikan suasana pagi itu dengan kamera handphone saya, ternyata pemandangan cukup indah begitupun dengan warna langitnya.

Pagi itu pun saya langsung merenung, kalau kita lihat keadaan seperti ini sungguh Allah maha kaya, harusnya tidak ada orang yang menganggur jika manusia bersungguh-sungguh mau berusaha. Coba kita tanya apa pendidikan para pedagang sayur itu? adakah yang sarjana seperti kita? lalu coba anda tanya berapa pendapatan mereka perhari? lebih besar para pedang sayur itu ataukah kita?

Seharusnya Tidak Ada Guru Yang Menganggur ?

status facebook motivator pendidikan

Pagi itu setelah saya mengabadikan aktivitas para pedangang di pasar, saya langsung menulis status di FB

Sungguh Allah maha kaya, pagi ini saya menatap disebarang sebuah pasar, banyak sekali para pedagang sayur, ikan, dan yang lainnya. Kalau melihat seperti ini harusnya tidak ada orang yang menganggur asal kita mau berusaha dengan sungguh-sungguh.

Setelah saya menulis status tersebut di FB, seorang temanpun berkomentar :

setuju pak,tp kenyataannya ada aja yg nganggur,parahnya yg setingkat S,Pd.I gelar ,ee nganggur jg ,gmn tuh?

Sayapun langsung merenung, kalau ada guru yang bertitel Sarjana Pendidikan Islam (S,Pd.I), masih menganggur, mungkin disebabkan oleh berbagai hal dan saya pikir masih banyak juga sarja pendidikan yang menganggur.

Pendapat saya jika ada Sarjana Pendidikan yang masih menganggur mungkin disebabkan oleh beberapa hal di bawah ini :

1. Orang tersebut tidak punya kemampuan mengajar : Pengalaman saya bertemu dengan banyak sarjana pendidikan ketika saya tes Micro Teaching,  ternyata memang banyak diantara mereka tidak bisa mengajar dengan baik, mereka sangat grogi ketika berbicara di depan umum, tidak menguasai kelas, tidak paham apa yang harus dilakukan, intinya dia tidak bisa mengajar. Hal ini mungkin disebakan karena bisa jadi menjadi guru bukan impian utamanya.

2. Asal Kuliah Saja : Pengalaman saya ketika mengisi training di kampus-kampus yang menciptakan sarjana pendidikan, ternyata banyak sekali mereka yang kuliah disana tidak berniat jadi guru. Bahkan hampir dikatakan bisa sampai 60% diantaranya tidak mau jadi guru dan hanya sekedar kuliah saja atau mereka memilih profesi lain. Hal inilah yang mungkin menyebabkan, kenapa ada sarjana pendidikan yang menganggur karena mereka bingung mau kerja apa, mau jadi guru mereka tidak suka, padahal gelarnya sarjana pendidikan.

3. Tidak menyukai dunia anak-anak : Sudah sepatutnya seorang guru bisa bersahabat dengan anak-anak, karena itulah suasana yang akan dihadapi setiap harinya. Banyak sarjana pendidikan yang secara akademik pintar, tapi saat mengajar sangat membosankan, hingga dia tidak disukai anak-anak. Nah, hal ini mungkin karena orang tersebut tidak menyukai dunia anak-anak.

Jika kita uraikan masalahnya saya yakin masih banyak, tapi paling tidak tigal hal tersebut menjadi alasan kenapa anda sarjana pendidikan yang menganggur. Tentu anda punya pendapat lain silahkan komentar di bawah ini.

Advertisements