Tags

, , , ,

Poster Guru Kreatif Siswa Responsif

Sahabat apa kabarnya malam ini? malam ini saya ingin berbagi tentang Guru Kreatif , tulisan ini terinspirasi dari cerita salah satu teman mengajar saya beberapa hari yang lalu.

Dua hari setelah pembagian raport salah satu teman mengajar saya, seorang guru perempuan bercerita seperti ini :

“Wah pak kemarin saya kaget pak, ada salah seorang ibu yang tiba-tiba bilang sama saya, wah ibu kayaknya sudah mendoktrin anak saya deh”. maksud ibu (sambil hati deg-degan), kok anak saya selalu bilang apa-apa bu Ayu, semuanya kata Bu Ayu. Oh begitu bu, kirain doktrin apaan ibu mah bikin saja deg-degan saja.”

Dilain kesempatan beberapa wali murid juga sering mengatakan kepada saya, wah pa kayaknya anak saya cocok deh kalau di ajar sama Bu Ayu, soalnya kata anak saya Bu Ayu orang asyik, gak pernah marah dan perhatian pokoknya bagus deh. Bahkan ada juga beberapa orang yang anaknya pindah kelas minta di ajar oleh bu Ayu.

Nah, dari cerita singkat di atas kalau boleh saya katakan bu Ayu ini memang guru kreatif. apa sih kreatifnya beliau, apakah sahabat juga termasuk sama dengan bu Ayu ini.

Berikut ini 5 ciri bahwa anda adalah guru kreatif :

1. Nama anda menjadi cerita paling mengasyikan : Maksudnya jika anda termasuk guru kreatif biasanya anak-anak akan bercerita kepada orang tuanya di rumah “mamah-mamah bu ini baik deh dan perhatian juga, tadi saat aku jatuh bu gurunya nolong aku terus dikasih obat”.  Nah, jika anda termasuk guru paling mengasyikan saya yakin suatu saat anda akan mendapatkan cerita tersebut dari wali murid anda.

2. Guru kreatif murid responsif : Jika anda mampu membuat suasana kelas menjadi terus bergairah, anak-anak belajar dengan semangat dan mereka merespon setiap perintah yang anda berikan maka anda termasuk guru kreatif.  Bagaimana caranya, nah pada bagian ini sebaiknya anda harus banyak belajar tentang ilmu ice breaking.

3. Asyik dan gak suka marah-marah : Yakin deh, kalau anda bertipe guru kayak gini ada akan dikenang sepanjang masa, nah bu Ayu adalah salah satu guru kreatif yang punya kepribadian seperti ini. Sekarang anda tinggal intropeksi saja, jika anda sering marah-marah pasti anda akan jadi selebritis, yah, selebritis yang membuat anak-anak takut berhubungan dengan anda.

4. Perhatian dan bersahabat :  Jika ada anak yang tiba-tiba jatuh atau kecelakaan kemudian anda langsung  cekatan menolongnya, misalnya mengobatinya, saya yakin anda akan dikenang sepanjang masa oleh anak yang anda tolong tersebut. Nah, hal ini saya rasakan sendiri, saat kelas 4 SD perut sakit lalu ada seorang guru yang perhatian beliau langsung menggosokan minyak kayu putih kebagian perut saya tentu guru tersebut masih saya ingat walau kejadiannya hampir 15 tahun yang lalu.

5. Kehadirannya di rindukan anak-anak : Wah senangnya jika anda sudah mendapat kondisi seperti ini, dimana ketidak hadiran anda dirindukan oleh anak-anak.

Semoga artikel singkat ini membuat anda dan saya terus bersemangat untuk menjadi guru kreatif dan inspiratif.

Advertisements