Tags

, , , , , , , , ,

kenapa jadi guru

Kenapa yah saya akhirnya memutuskan menjadi Guru? kalimat pertama ini langsung membawa saya ketahun 1996-1997, pada tahun ini saya masih Sekolah Dasar (SD) kelas 5 dan 6. Saya langsung teringat wajah-wajah guru SD Saya. Saya sudah lama tidak bertemu dengan mereka, ada sebuah kerinduan yang mendalam, saya ingin mengucapkan terimakasih kepada beliau-beliau yang luar biasa, karena guru-guru hebat inilah saya bisa membaca dan menulis.

Sungguh saya merinding menulis kalimat ini, sungguh jika tidak malu mungkin air mata ini mengalir dengan deras, karena pada saat menulis ini saya dikantor, maka saya tahan rasa haru ini. Sungguh kini saya baru merasakan ketika saya menjadi guru, bahwa tugas guru sungguh sangat mulia. Bahkan saya boleh mengatakan guru merupakan profesi paling mulia di dunia. Betapa tidak, seadainya tidak ada guru, mana mungkin kita bisa membaca, menulis dan berhitung.

Ya Allah semoga engkau anugerahkan kesehatan, kebahagian, dan ketentraman jiwa kepada guru-guru kami, yang jasannya sangat luar biasa dan kami tidak mampu membalasnya. Jika ada guru-guru kami yang sudah meninggal semoga pahalanya saat menjadi guru, menjadi penolongnya diakhirat kelak, semoga Allah SWT menempatkan guru-guru kami ditempat terbaik.

Menjadi guru adalah impian saya sejak kecil

Melihat wajah guru-guru saya waktu SD rasanya sangat menentramkan, dari diri mereka sayapun melihat kebahagiaan. Saya tahu mereka hidup sederhana, tinggal di Rumah Dinas yang ada dilingkungan sekolah. Sungguh saya dan teman-teman bisa melihat kehidupan mereka secara langsung setiap hari. Kami tidak melihat ada barang-barang mewah dirumahnya, kami juga tidak melihat ada sesuatu yang membuat mereka terpaksa untuk tinggal di rumah dinas yang sederhana tersebut.

Dari sinilah kemudian mimpi saya hadir, merekalah inspirasi saya, ya, impian saya sejak kecil adalah menjadi guru. Walau saya tidak tahu bagaimana cara menempuhnya serta bagaimana sekolahnya, tapi mimpi itu terus menggebu-gebu dalam jiwa saya. Akhirnya mimpi itu terwujud, pada saat saya sekolah MTS kelas satu saya memulai profesi menjadi guru TPA. menjadi Guru TPA sejak usia 13 tahun adalah langkah awal saya bagaimana  merasakan bahwa menjadi guru bukanlah hal yang mudah, sungguh kesabaran, kesungguhan dan ke istiqomahan dibutuhkan disini.

Tahun 2004, saat saya kuliah semester 1 di Fakultas Keguruan Ilmu Pendidikan (FKIP) saya sudah mulai mengajar di sekolah formal. Sungguh minggu-minggu pertama mengajar bahkan satu bulan pertama, saya merasakan stres yang luar biasa. Lagi-lagi disini saya menemukan menjadi guru ternyata tidak semudah yang dibayakangakn dan tidak seindah impian yang menngelora selama ini.

Gaji pertama 65 Ribu

Sungguh saya kaget, pertama kali menerima gaji adalah sebesar Rp.65.000 dalam hati menggurutu bagaiman bisa cukup untuk makan kalau gaji segini apalagi untuk biaya kuliah. Tapi hati ini menguatkan agap saja ini merupakan proses belajar dan memang segala sesuatu membutuhkan proses.

Setelah 10 Tahun berlalu

Tak terasa kini sudah sepuluh tahun saya mengajar di Sekolah Dasar, pernah juga mengajar di SMP dan SMA. Selama 10 tahun ini dan sejak saya mengajar di usia 13 tahun saya banyak  belajar dan terus belajar bagaimana menjadi pendidik yang sesungguhnya. Saya belajar bagaimana bisa mendidik dengan keteladan dan cinta. Ah, kini saya merasa bangga menjadi guru karena saya yakin inilah profesi termulia.

Jadi Guru Gajih Kecil?

Kalau mau kaya, yah jangan jadi guru, ungkapan ini ada benarnya juga secara nilai kekayaan. Memang mustahil jika kita hanya berprofesi menjadi guru saja tidak mungkin kita bisa hidup kaya secara harta. Tapi Insya Allah keberkahan harta yang kita makan, itulah yang membuat hidup kita menjadi tenang dan bahagia. Karena ketenangan dan kebahagianlah kekayaan yang sesungguhnya.

Namun jika kita ingin tetap kaya secara harta, tentu berusaha untuk mencari cara yang Halal untuk mendapatkannya. Misalkan dengan cara jadi penulis, pembicara, trainer, menciptakan kreativitas, mengikuti lomba dan lain sebagainya.

Semoga dari tulisan saya yang sederhana ini, sahabat bisa terus terinspirasi untuk menjadi Guru. Terimakasih

Download Proposal Training Pelajar Inspiratif

Advertisements