Tags

, , , , ,

Buku Mendidik Dengan Keteladanan

Apa kabar sahabat, terimakasih sampai detik ini sabahat masih setia membaca tulisan-tulisan sederhana saya, ngomong-ngomong buku apa yang terakhir kali sahabat baca? masih ingatkah ?, berapa artikel yang sahabat baca dalam semiggu ini, berapa blog yang sudah sahabat kujungi?

Membaca adalah akivitas yang sangat menyenangkan bagi sebagian orang termasuk diri saya, membaca juga sesuatu yang sangat menjenuhkan bagi sebagian orang. 5 Bulan ini saya membaca 5 Buku diataranya karya J Sumardianta dengan judul “Habis Gelap Terbitlah Move On” dan Bukunya Dr. Nusa Putra dengan judul “Jablay ABG dan Penari Eotis”

Nah, terus bagaimana sih caranya supaya kita bisa menikmati indahnya aktivitas membaca? berikut ini 5 tips sederhana yang bisa anda lakukan, tulisan ini berdasarkan pengalaman saya pribadi, oleh sebab itu tulisan ini jangan dijadikan rujukan satu-satunya karena setiap orang punya pengalaman sendiri bagaimana proses bisa indahnya menikmati membaca buku.

Berikut ini 5 Tips Dahsyat Supaya Senang Membaca

1. Baca buku sesuai dengan minat dan keperibadian kita : Buku Ketika Cinta Bertasbih karya kang Abik merupakan buku bertama yang menggunggah diri saya yang kemudian membuat saya hobi membaca, kenapa demikian, karena tentu saya sangat suka dengan novel-novel bergenre religi juga tentang semangat dalam menggampai mimpi, dan berbgai kenikmatan lain yang saya temukan dalam buku tersebut.

Buku kedua sebuah buku yang tak kalah hebat dan fenomenalnya yaitu buku Laskar Pelangi, buku ini sangat cocok dengan kepribadian saya yaitu bercerita tentang semangat dalam dunia pendidikan. Kedua buku hebat tersebut kemudian berhasil di visualisasikan dalam bentuk film, dua film dengan judul yang sama dan disambut dengan atusias yang luar biasa. Nah, silahkan ada temukan kira-kira buku seperti apakah yang cocok dengan tipe sahabat.

2. Beli minimal 1 buku dalam sebulan : Setelah saya bisa menikmati lezatnya membaca buku, akhirnya saya tekadkan dalam hati untuk membeli buku minimal 1 dalam 1 bulan. kini setelah lebih dari 6 tahun berlalu buku yang saya beli Insya Allah sudah lebih dari 500 Buku. Banyaknyak buku tersebut tercapai karena biasaya saya borong buku pada acara Jakarta Islamic Book Fair.

3. Jadwalkan waktu membaca : Setelah bertemu lezatnya membaca buku dan bisa membeli buku minimal 1 Bulan 1 Buku, kini anda saatnya membuat jadwal kapan waktu paling tepat untuk membaca buku. Saya sendiri menjadwalkan membaca buku setiap selesai sholat isya dan pada saat perjalanan di bis. Saya tipe orang yang butuh ketenangan dalam membaca dan Alhamdulillah kondisi lingkungan saya tinggal cukup menennagkan, sehingga runtintas tersebut bisa saya lakukan. Nah, sahabat silakan cari waktu yang tepat untuk membaca.

4. Batasi Nonton TV : Sudah lebih dari 7 bulan saya benar-benar berhenti menonton TV, dan proses ini saya lakukan dengan cara selam 5 tahun menonton TV haya berita saja, kemudian karena berita-beritapun tak menyegarkan dan mendidik akhirnya sejak 7 bulan yang lalu saya putuskan stop menonton TV. Nah, saat kondisi seperti inilah kebutuhan akan aktivitas hadir pada diri saya, maka yang bisa saya lakukan adalah membaca dan menulis. Ini adalah cara paling ampuh, bagi sahabat yang ingin memulai bagaimana mengetahui lezatnya membaca, silakan mencoba.

6. Berkomunitas dan bersahabtlah dengan orang-orang yang suka membaca : Banyak sahabat yang sering bertanya kepada saya, Bagaimana cara menjaga diri agar tetap istiqomah agar terus bisa menikmati lezatnya membaca?. Jawabannya adalah berkomunitas dan bersahabatlah dengan orang-orag yang suka membaca pula, komunitas pembaca biasanya kita temukan pada orang-orang yang suka menulis. karena pada dasarnya membaca adalah proses input memasukan pengetahuan sedangkan menulis merupkan outpun dari kumpulan pengetahuan yang kita baca, hingga jadilah kalimat-kalimat bermakna lewat tulisan.

Rak Buku

Sebagian koleksi buku saya di rumah.

Demikian tips sederhana dari saya, bagaiman bisa menumbuhkan senang membaca buku, semoa bermanfaat, Yuk di share jika anda punya pengalaman yang menarik juga. Terimakasih..

Poster Training Ujian Nasional

Header Motivator Pendidikan GIF

