Tags

, , , , , , , ,

sim c, sim motor

Sumber Gambar : wartamedan.com

Pagi yang mendung sahabat, karena memang lagi musim hujan, cuaca di Bogor tiap hari hujan dan mendung, tapi tentu semoga hati kita tetap ceria, walau matahari tak terlihat terang benerangnya.

Pagi ini saya ingin berbagi tentang proses perpanjangan SIM C di samsat Kabupaten Bekasi. Semoga ada hikmahnya untuk kita semua, berikut ini beberapa hal yang saya lakukan :

1. Bertanyalah pada teman : 2 minggu menjelang pengurusan perpanjangan SIM C saya banyak bertanya kepada teman-teman yang pernah mengurus perpanjangan tersebut, terutama mereka yang ber KTP Bekasi seperti saya, walau tinggal di Bogor tapi KTP masih Bekasi. Dari hasil berbincang dengan teman-teman tersebut saya dapat informasi pengurus perpanjangan SIM C bisa di urus sendiri tapi agak lama dan bisa pake calo polisi prosesnya cepat.

2. Searching di Mbah Google : Karena saya ingin tahu lebih dalam tentang pengurusan perpanjangan SIM C akhirnya saya tanya mbah Google dengan berbagai pertanyaan, seperti pengurusan SIM C lewat biro jasa dan Jadwal SIM Keliling di Kabupaten Bekasi. akhirnya saya temukan beberapa website biro jasa perpanjangan SIM ternyata harganya sangat mahal sekitar 900 ribuan, tentu saya gak mau pilih yang ini. Pencarian terus saya lakukan ternyata saya tidak menemukan jadwal SIM Keliling di Kabupaten Bekasi dan saya akhirnya menemukan beberapa tulisan tentang pengalaman perpanjangan sim lewat sim keliling yang ternyata sangat cepat hanya sekitar 15 menit dan biaya sesuai dengan aturan sekitar 130 ribuan.

Pengetahuan tentang perpanjangan SIM C sudah saya dapatkan, kini saatnya saya segera harus memutuskan mau pake cara yang mana, karena waktu kadaluarsa SIM C saya sampai dengan tanggal 25 Januari 2015.

Akhirnya Rabu pagi tanggal 21 Januari 2015 saya putuskan untuk berangkat ke Samsat Kabupaten Bekasi, sebelum berangkat saya memimpin Breafing pagi di sekolah dengan para guru dan saya sampaikan izin untuk mengurus perpanjangan SIM C. Sebelum berangkat saya tunaikan dulu kewajiban saya mengajar, karena itu penting, jangan sampai hak anak-anak dan kewajiban di abaikan.

Proses Perpanjangan SIM C

Pukul 08.00 saya berangkat dari Cileungsi menuju samsat Kabupaten Bekasi, melawati jalur setu, cibitung, lewat kali malang dan tibalah di samsat Kabupaten Bekasi. Jarak yang saya tempuh lumayan lama sekitar 2 Jam, sampai di samsat kabupaten Bekasi sekitar Jam 10.00.

Alhamdulillah sampai juga, kondisi samsat cukup sepi, tidak seramai saya membuat sim 5 Tahun yang lalu. Langsung saya baca-baca dulu informasi dan tanya kepada petugas loket, eh..petugas loketnya para perempuan dan ramah-ramah, akhirnya beliau menjelaskan prosesnya dan langsung saya lakukan.

Penting : jangan lupa siapkan persyaratan pengurusan perpanjangan SIM C

1. Foto Copy KTP

2. Foto Copy SIM C

3. SIM C Asli dan

4. Dana yang cukup

Tahap 1 : Pengurusan Asurasni, tinggal datang saja ke tempat loket asuransi, terus diminta foto copy KTP dan SIM dan tinggal bayar deh harganya 30 Ribu saja.

Tahap 2 : Pengurusan Kesehatan, seperti biasa langsung saja datang ke loket pemeriksaan dokter, siapkan foto copy KTP dan SIM dan disini bayarnya 25 Ribu Saja. setelah bayar langsung deh cek mata, tinggal suruh baca saja tidak lebih dari 5 menit selesai.

Tahap 3 : Pemabayaran di BanK (Oknum Polisi mulai bermain) setelah pengurusan asuransi dan kesehatan selesai, tahap selanjutnya adalah membayar uang perpanjangan SIM C di Bank. Sampai di Bank saya sudah disambut polisi berpakaian safari, dan langsung dintanya ‘Mau ngurus apa pak?”, perpanjangan SIM C pak, jawab saya. lanjut pak polisi boleh lihat persyaratannya? (asuransi dan kesehatan), setelah pak polisi lihat berkas saya kemudian beliau tanya “Mau diurus sendiri atau saya bantuin pak?”, urus sendiri saja pak, (Dalam hati, hemm…. ternyata masih saja ada yang kayak gini, padahal tulisan di spanduk dan roll banner gede bangat tuh JANGAN PERCAYA SAMA CALO), sambi tarik nafas, oh negeriku, masih saja banyak yang mencari uang tidak berkah (Kalau pak polisi baca ini semoga segera bertaubat, kasihan anak dan istri bapak). Ya, sudah silahkan urus sendiri, saya pun langsung ke kasir dan bayar 75 Ribu saja.

Perlu diketahui kalau kita ke Samsat Bekasi, wah yang namanya calo baik orang biasa dan polisi banyak tuh yang berkeliaran. Hal ini terlihat dari mereka yang membawa berkas di ikuti oleh orang-orang tertentu yang mengurus SIM C.

Jadi saya membayar hanya 130 Ribu untuk perpanjangan SIM C

Perjuangan belum selesai kawan, saya pernah dapat info dari teman, katanya kalau ngurus sendiri lama bisa berjam-jam, ah saya ingin membuktikan benar tidaknya info tersebut.

Tahap 4 : Ambil Formulir di Loket 2, tahap selanjutnya adalah mengambil formulir di loket 2 dan mengisi datanya dengan lengkap, setelah itu serahkan kembali. langkah berikutnya menunggulah dengan sabar sampai nama anda di panggil untuk di foto dan proses yang lainnya. 10 menit berlalu, kok belum di panggil juga, dalam hati berkata pokonya sampai sorepun saya tunggu, karena saya gak mau datang kesini sia-sia apalagi perjalanan cukup jauh. 5 menit kemudian nama sayapun di panggil, Alhamdulillah jadi saya nunggu hanya 15 menit saja dan proses foto serta cetak kartu SIM sangat cepat sekitar 4 menit dan Alhamdulillah SIM pun sudah ditangan sampai bertemu pada tahun 2020 untuk perpanjangan berikutnya.

Hanya butuk waktu 30 Menit untuk mengurus perpajangan SIM C

Kalau saya hitung hanya sekitar 30 menit saya berada di Samsat Kabupaten Bekasi, cepet bangat kan, yang lam malah perjalanannya PP Cileungsi Bekasi sekitar 4 Jam. Dari sini saya tahu bahwa ternyata pengurusan perpanjangan SIM C sangat Mudah. 

Alamat Samsat Kabupaten Bekasi :

Alamat : Jl.Industri No.14 Cikarang-Bekasi 17550, No.Telp / No.Fax : (021) 89109169

Jadi buat teman-teman yang mau mengurus perpanjangan SIM C saya sarankan urus sendiri saja, karena hemat biaya dan mudah sekali.

Terimkasih Semoga Bermanfaat.

Poster Training Ujian Nasional

Header Motivator Pendidikan GIF

