Tags

, , , , , ,

_MG_0074

Salam…. Pagi yang Indah sahabat guru Inspiratif, semoga pagi ini kita dalam keadaan sehat dan baik, serta selalu diberi keberkahan oleh Allah SWT.Amin…

Prof.Din Syamsudin mengatakan :

Jika sebuah sekolah ingin maju dan berkembang dengan kreativitas-kreativitas terbaik yang dihasilkannya maka sekolah tersebut harus di pimpin oleh kepala sekolah bonek dan ragil

Beliau mengatakan demikian karena melihat sekolah-sekolah hebat di Indonesia yang maju dan berkembang, bahkan untuk masuk sekolah saja sudah banyak yang inden jauh-jauh hari, nah, sekolah tersebut ternyata di pimpin oleh orang-orang bonek dan ragil.

Kepala Sekolah Bonek dan Ragil?

Istilah bonek dan ragil sebenarnya bukan istilah yang asing bagi kita, bonek dan ragil hampir memiliki kesamaan, istilah ini juga biasa digunakan untuk supporter bola, kelompok remaja, genk dan lain sebagainya.

Tapi tentu benda dengan istilah bonek dan ragil untuk kepala sekolah, berikut ini saya uraikan bebera hal yang berkaitan dengan  kepala sekolah dengan mental Bonek dan Ragil, yaitu sebagai berikut :

1. Kepala Sekolah Driver : Meminjam istilah Prof. Rhenald Kasali dalam bukunya yang berjudul Self Driving, kepala sekolah yang bermental Driver, adalah kepala sekolah yang ingin membuat gagasan baru dalam sekolahnya, ini merupakan kesempatan bagi dirinya untuk melakukan sebuah perubahan karena kepala sekolah memiliki peranan besar dalam memajukan sekolah. layaknya seorang sopir maka ia harus mampu membawa visi misi sekolah tersebut sesuai dengan yang sudah direncanakan dengan dengan kecerdasan (bonek dan ragil) dalam melakukannya.

2. Bukan Passengger : Istilah inipun saya pinjam dari bukunya Prof,Rhenald Kasali, Kepala sekolah yang bonek dan ragil, dia tidak mau sekedar melanjutkan program masa lalu sekolah tersebut, dia ingin melakukan sesuatu yang baru, unik dan memiliki nilai manfaat besar untuk masyarakat sekolah serta lingkungan sekitar.

3. Berani  tampil beda : Sekolah yang hebat tentu sekolah yang berani tampil beda dalam berbagai aspek, sekolah dengan keunggulan tersendiri pada bidang tertentu, yang tidak bisa dilakukan oleh sekolah lain. Tentu untuk melakukan hal ini bunuh keberanian dan melakukannya, karena banyak kepala sekolah yang takut tampil beda dan tidak berani keluar dari zona nyaman.

4. Lakukan Saja : Tak banyak mikir dan pertimbangan, coba saja lakukan dulu, karena kalau tidak pernah dicoba mana kita tahu dimana kesalahannya, kalau ada yang salah nanti kita perbaiki. begitu kepala sekolah bonek, dia tidak banyak ketakutan untuk melakukan sesuatu, ketika ada kesempatan maka langsung action, adapun kekurangan bisa diperbaiki, yang penting coba saja dulu. Sekolah-sekolah yang hebat tentu butuh kepala sekolah seperti ini tidak banyak keraguan dan ke khawatiran dalam melakukan sesuatu.

5. Visioner, Kreatif dan Tangguh : Sekolah-sekolah terbaik biasanya di pimpin oleh kepala sekolah yang memiliki mental tangguh, kreatif dan memiliki visi jauh kedepan serta terbuka dalam menerima perubahan.

Nah, Jika anda sebagai kepala sekolah beranikah anda menjadi kepala sekolah bonek atau ragil?

Terimakasih, semoga bermanfaat dan selamat mencoba terobosan-terobosan terbaik.

Advertisements