Tags

, , , ,

QARIRA SHATARA SYIHANA

Motivator Kreatif – Selamat pagi sahabat, apa kabar dipagi yang cerah ini? semoga sahabat dalam keadaan sehat dan tetap semangat untuk membuktikan sebagai Guru Inspiratif.

Kemarin siang ada pesan masuk di Inbox facebook saya :

“Assalammualiku.. apa kabar Kak? Kak kalau ada seminar atau training tentang akhlak saya ikut dong, jangan lupa di kabari yah, soalnya saya saat ini sedang berusaha memperbaiki akhlak saya. Terimakasih”

Begitu kira-kira pesan yang disampaikan kepada saya, lalau saya memberikan beberapa tips sederhana yang bisa kita lakukan untuk memperbaiki akhlak menjadi lebih baik. Perlu di catat saya juga masih jauh dari akhlak mulia, maka sampai saat ini saya terus berjuang untuk memperbaiki akhlak. berikut ini beberapa tips sederhana yang bisa dilakukan untuk memperbaiki akhlak, tulisan ini berdasarkan pengalaman pribadi

6 Tips memperaiki akhlak menjadi lebih baik

1. Ikut kajian : Ikutilah  kajian-kajian yang bisa mengantarkan diri kita menjadi pribadi yang berakhlak mulia. kajian yang dikuti sebaiknya saran saya semacam Halaqah, Liqo atau kajian-kajian kelompok kecil lainnya. kajian seperti ini biasa berdaskan level pemahaman yang sama, sehingga pada saat belajar kita tidak merasa malu, karena sama-sama sedang belajar. Kajian kelompok seperi ini juga bisa menguatkan ukhuwah sekaligus bisa saling memotivasi agar terus istiqomah di jalan Allah SWT. Selain kajian seperti ini sebaiknya ikut juga kajian-kajian umum yang diselenggarakan di Masjid, Masjid Ta’lim, kampus, rumah dan sebagainya.

2. Belajar dari yang paling Urgen : Menurut pandangan saya berdasarkan pengalaman nyata, belajar yang paling utama untuk memperbaiki akhlak menjadi lebih baik, maka yang harus kita pelajari di awal ialah belajar Al-Qur’an terutama belajar tahsin agara kita bisa membaca Al-Quran dengan baik dan benar, selanjutnya belajar tentang tata cara ibadah yang sesuai dengan tuntunan Al-Qur’an dan contoh Nabi Muhammad SAW. setelah itu kita bisa belajar ilmu-ilmu yang lain seperti Muamalah, Aqidah, Fiqih dan lain sebagainya.

3. Rajin membaca dan Membeli Buku : Buku adalah sumber ilmu pengetahuan tidak ada seorang ulama atau profesor yang tidak membaca atau membeli buku. Oleh sebab itu salah satu hal yang bisa kita lakukan untuk memperbaiki diri banyak-banyaklah membaca buku, terutama buku yang berkaitan dengan persoalan hidup yang saat ini kita hadapi, misalkan buku tentang pembangungan akhlak. Selain itu kita juga harus bersungguh meniatkan diri untuk membeli buku minimal 1 buku dalam sebulan.

4. Belajar Sirah Nabawi, Sahabat dan Sohabiyah : Kisah para Rasul dan Sahabat bagi saya telah memberikan inspirasi yang sngat luar biasa, maka sudah selayaknya bagi anda dan kita semua yang ingin memperbaiki akhlak bacalah kisah-kisah tersebut dari mereka kita bisa belajar tentang makna hidup. Sudah sepatutnya juga anda memiliki buku-bukunya juga dan jangan dibiasakan untuk sering meminjam, yakinlah bahwa buku merupakan harta yang sangat berharga bagi kita dan anak cucu kita.

5. Bersahabat dengan orang-orang Soleh atau Solehah : Inilah cara yang sangat jitu untuk memperbaiki akhlak, cobalah tengok sejenak dengan siapa anda bersahabat selama ini, maka kemungkinan besar akhlak anda hampir sama dengan teman-teman anda. Yuk kita bersahabat dengan orang-orang baik, yang bisa membanwa kita ke surganya Allah SWT

6. Teruslah semangat menuntut Ilmu : Dalam agama Islam menuntut Ilmu sudah diwajibakan ketika manusia lahir sampai dengan manusia masuk ke liat lahat (meninggal), oleh sebab itu jangan pernah berhenti untuk menuntut ilmu, walaupun titel yang kita miliki sudah berjejer dan kekayaan kita sudah melimpah. Inggatlah bahwa hanya orang-orang yang beriman dan berilmu yang akan Allah angkat derajatnya.

Semoga bermanfaat….

Advertisements