Tags

, , , , , ,

NAMIN AB 5

Motivator Kreatif – Apa kabar sahabat pagi ini? Alhamdulillah pagi ini di Sekolah Akhlak udara sangat segar dan sejuk, karena tadi malam di Kota kami di guyur hujan yang cukup lebat. Pagi ini saya ada agenda rapat dengan Wali Murid sekaligus Nonton Bareng Fim I’m Not Stupied.

Tadi malam ada sesorang yang sms saya dengan bunyi seperti ini :

Assalamualaikum… Pak, perkenalkan nama saya neng Widi dari SMP Nugraha Bhakti Bandung. Pak, saya ingin menjadi ketua osis yang baik dan bertanggung jawab, nah bagaimana solusinya? Makasih..”

Wah, keren yah ada ketua Osis yang mau bertanya kayak gini, dari sini saja saya bisa menilai bahwa Widi adalah ketua Osis yang hebat. baiklah saya kasih Tips sederhana bagaimana “Menjadi Ketua Osis yang Oke”, ini saya tulis berdasarkan pengalaman nyata karena saya pernah jadi ketua Osis waktu sekolah SMK.

Tips Jadi Ketua Osis yang yang Oke (Baik)

1. Pantaskan dirimu jadi orang Cerdas, ketua osis merupaka panutan bagi para siswa yang lain, sisi kecerdasannya akan sangat berpengaruh dalam memimpin organisasi. Cerdas disini tentu dalam berbagai hal, seperti cerdas memimpin rapat, cerdas berkomunikasi, cerdas membagi tugas dan lain sebagainya. Nah, untuk menjadikan dirimu cerdas hal wajib yang harus kamu lakukan adalah baca buku, baca berita, ikut kegiatan seminar, ikut kelompok diskusi, bergaulan dengan orang yang lebih dewasa dan jangan malu bertanya (Kaya widi inih), sederhana kan?

2. Jaga Akhlak mu Nak, karena ketua osis adalah pemimpin maka sudah sepatutnya menjaga akhlak, agar terlihat berwibawa dan memiliki kharisma. Cara menjaga akhlak adalah dengan membatasi pergaulan dengan lawan jenis, bersikap sepantasnya (tidak lebay) dan hati-hati dalam berucap. Kalau yang beragama Islam kalau akhlakmu mau terjaga rajin-rajinlah ikut kajian dan bergaulah dengan orang soleh.

3. Jadi Teladan, ini paling wajib bagi pemimpin atau ketua osis. kamu jangan ikut-ikutan kayak anggota dewan kalau rapat banting-banting bangku dan menjada. Ketua osis dan seluruh pengurusnya wajib menjadi teladan bagi warga sekolah. Saya yakin anda bisa.

4. Perbaiki cara bicaramu di depan public,  Kehebatan para pemimpin biasanya pandai berbicara atau beretorika (Public Speakingnya bagus), nah biar kamu lebih pantas dan pede jadi ketua osis saat berbicara didepan forum, selayaknya kamu perbaiki cara bicaramu, dengan cara apa? teruslah berlatih dalam setiap kesempatan seperti membawakan acara rapat, jadi MC upacara, Kultum dan alangkah baiknya kami bisa ikut Public Speaking (Nah kalau ini kamu bisa undang saya he…he..)

5. Cerdas menggunakan Teknologi , nah karena sekarang zamannya era digital kalau kamu ketua osis maka kamu jangan ikut-ikutan bikin status lebay di media sosial, karena buat saya status di media sosial merupakan cerminan gambaran nyata dalam kehidupan. jadi kalau kamu ketua osis terus di Medsos ststusnya Ngeluh, ngumpet, dl. wah apa bedanya kamu dengan yang lain, bikinlah status yang menggunggah. Kalau kamu gak percaya silakan cek status media sosial adakah keluhan atau mengumpat orang lain.

6. Bikin Program yang Oke mas Bro… (Kreatif dan Inovatif), kalau kamu gak bisa bikin program osis yang oke atau kamu hanya jadi menjadi pengikut ketua osis terdahulu, lebih baik kamu mundur aja jadi ketua osis. Ketua osis itu harus punya gagasan dan ide kreatif, buatlah program-program yang bermanfaat biar kamu, para siswa dan sekolahmu lebih maju. Program apa tuh pak? pikiran aja sendiri.

7. Komunikasi yang baik, ini penting bagi kamu sebagai ketua osis, kamu harus pandai berkomunikasi dengan semua pihak seperti dengan kepsek, pembina, guru, siswa pengurus yang lain dan juga partner organisasi diluar sekolah kamu.

Tips enam dulu aja yah, soalnya saya mau rapat nih. He..he….

Tips Jadi Ketua Osis yang bertanggung Jawab :

1. Disiplin, kamu harus jadi orang yang paling disiplin disekolahmu, seperti cara berpaiakanmu, mengerjakan tugas, datang rapat dan juga kamu harus datang lebih awal kalau mengadekan sesuatu. bahasa saya kamu harus menghilangkan istilah On Time (datang tepat waktu) diganti dengan In Time (Datang sebelum waktunya.

2. Istiqomah (Konsisten), Apa yang kamu katakan harus sesuai dengan apa yang kamu lakukan, kalau rapat undangan jam 8 dimulai maka kamu harus memulainya jam 8. Kalau kamu udah buat program ya harus kamu jalankan. Itu baru ketua osis yang oke dan bertanggung jawab.

3. Jalan program yang kamu buat dengan sebaiknya-baiknya, kalau kamu udah buat program konsekuensinya ya kamu harus jalankan, itu baru nkamu bertanggung jawab dengan apa yang sudah kamu buat.

4. Pemberi Solusi, jadi ketua osis jangan banyak ngeluh dengan kendala-kendala organisasi, justru kamu harus jadi orang yang memberikan solusi dalam masalah-masalah yang organisasi kamu hadapi.

Nah, sekalian dulu teh Widi Tips dari saya, mohon maaf jika masih banyak kekurangan dan tulisan masih banyak yang salah, karena saya harus membagi waktu yang lain, semoga kedepan akan saya tambah dan perbaiki. Semoga bermanfaat..

Jika sekolahmu ingin ngundang saya, silakan telepon aja…..

Advertisements