Tags

, , , , , , , ,

namin ab 1

Om Jay sedang memberikan pengantar acara Intip Buku Kedua di dampingi oleh Namin AB dan Thamrin Sonata

Motivator Kreatif- Ahad 26 Oktober 2014 Komunitas Sejuta Guru NgeBlog (KSGN) bekerjasama dengan Taman Mini Indonesia Indah dan di Support oleh Ikatan Guru Indonesia (IGI) melaksanakan kegiatan Intip Buku dengan tema “Membuat Buku Kreatif dan Inspiratif” dengan menghadirkan narasumber yaitu Namin AB Ibnu Solihihn (Penulis Buku Saya Mau Jadi Guru Go Blog), Estu Pitarto (Penulis Buku Make Audio), Dedi Dwitagama (Penulis Buku PTK), Sudarma (Penulis Buku Mendidik Tidak Bisa Mendadak), Ka Kusumo (Penulis Buku Ice Breaker) dan Dian Kelana (Penulis Novel) selain sebagai penulis buku para nara sumber ini juga merupakan Blogger yang aktif menulis baik di blog pribadi ataupun blog komunitas seperti Kompasiana dan Guraru.org. Selain itu hadir pula Manager Perpustakaan TMII, Mas Sukani Pemenang Guraru Award 2013 dan juga Thamrin Sonata seorang penulis dan pakar penerbitan yang dalam kesempatan ini menjadi Moderator.

buku para penulis

Buku-Buku Karya Para Pembicara

Acara dibuka oleh MC ibu Yuli, tempat pukul 08.30 diawali dengan sambutan pengantar oleh Wijaya Kusumah (Om Jay), dalam sambutannya beliau mengajak kepada para peserta untuk berani menulis dan menerbitkan buku, dengan motonya yang sangat menarik yaitu “Menulislah setiap hari dan buktikan apa yang terjadi” om Jay menyemangati peserta agar tahun depan ada dari peserta yang bergantian jadi pembicara, karena berhasil menerbitkan buku.

sudarma 2

Sudarma sedang memaparkan pengalamanya menulis buku

Acara selanjutnya adalah pemamparan yang disampaikan oleh kang Sudarma (Penulis Buku Mendidik Tidak Bisa Mendadak dan Master Hypno Edu), dalam paparannya beliau menyampaikan bahwa blog merupakan alat yang ajaib yang mampu menghasilkan orang-orang hebat dan juga buku-buku kreatif. Kang sudarma juga mengakui bahwa dirinya mulai dikenal banyak public karena kreativitas ngeblognya, beliau bisa berjalan-jalan keliling Indonesia naik pesawat pula katanya semua karena aktivitas menulis di blog.

peserta 7

Para peserta Intip Buku serius mengikuti acara sesion demi sesion

Tepat pukul 09.00 acara dibuka secara resmi oleh Manager Perpustakaan TMII dalam sambutannya beliau menyampaikan agar para peserta bisa meramaikan perpustakaan TMII dengan aktif berkunjung dan juga bisa menghiasi karya-karya buku nya peserta di perpustakaan TMII. beliau juga mengucapkan terimakasih atas kerjasama yang dilakukan oleh KSGN dan TMII semoga kerjasama ini bisa berlanjut.

bang dedi

Dedi Dwitagama sedang menyampaikan paparannya bagaimana proses menulis kreatif

Setelah resmi acara dibuka oleh Manager Perpustakaan TMII acara Intip Buku akhirnya dimulai yang dibawakan oleh moderator Thamrin Sonta, seorang penulis senior dan juga pakar penerbitan. Sedangkan yang berksempatan menjadi pembicara pertama adalah Dedi Dwitagama seorang Trainer Nasional juga penulis PTK. Bang Dedi sapaan akrab saya dalam paparannya menyampaikan tentang bagimana sebuah blog bisa menghasilkan sesuatu yang luar biasa bukan hanya sekedar buku tapi juga penghasilan. dari blog bang Dedi sudah bisa keliling dunia dan juga setiap tahunnya bisa berganti mobil, hal ini merupakan aktivitasnya menulis di blog. Luar biasa bukan? pesertapun dibuat kagum atas paparan bang Dedi ini. Yang menarik ternyata Bang Dedi melakukan aktivita menulis di Toilet rumahnya, beliau menyampiakan bahwa dirumahnya dipasang internet wifi agar keluarganya bisa sama-sama bisa menikmati internet denga baik.

Peserta 2

Pada sesi kedua barulah saya mendapat giliran, saya menggunakan waktu 30 menit dengan sebaik-baiknya. saya menyampaikan pengalaman nyata bagaimana saya bisa menulis dan menerbitkan buku dengan judul Saya Mau Jadi Guru Go Blog dan juga buku Mendidik Dengan Keteladan. Dalam kesempatan ini saya menyampaikan 10 Tips membuat Buku Kreatif dan Inspiratif ala guru Go Blog, diantaranya adalah untuk bisa menulis buku maka kita harus terbiasa membaca minimal 1 Buku dalam 1 bulan, memiliki koleksi buku minimal 100 buah, memulai menulis di blog, menulislah sesuai dengan passion selain itu juga saya menyampaikan bagaimana cara menerbitkan buku secara Self Publishing. Untuk materi saya lebih lengkap silakan bisa dibaca disini.

estu pitanto

Estu Pitarto sedang menyampaikan Tips Menulis

Pembicara ketiga adalah Estu Pitarto (Penulis Buku Make Audio) penulis muda ini berasal dari semarang selain itu Estu juga pernah tampil diacara Kick Andy karena kreativitasnya sebagai Guru, Estu adalah alumni Program Teaching Writing Camp (TWC) 2 sementara saya adalah alumni Program TWC 3 sebuah program pelatihan menulis bagi guru yang di gagas oleh Om Jay dan Mas Yulef Dian. Estu Pitarto menyampaikan bagaimana ia bisa menerbitkan sebuah buku yang menarik yaitu buku tutorial tentang pengolahan suara seperti pengolahan suara Teater dan lain sebagainya.

Penerima Tamu

Peserta dan Penerima Tamu

Peserta 1

Peserta sedang menyimak paparan para pembicara

peserta 7

Sesi berikutnya adala Ice Breaking yang disampaikan oleh pakar Ice Breaking Indonesia yaitu Kak Kusumo. Acara Ice Breaking ini membuat suasan menjadi lebih cair dan santai.

kusumo2

Kak Kusumo Pakar Pemecah Kebekuan sedang melakukan kegiatan Ice Breaker

Pembicara Terakhir adalah Dian Kelana (Penulis Buku Novel) dalam paparannya Dian Kelana menyampaikan bahwa kita harus berani menulis dan menerbitkan buku. Jangan tunda ide kita, beranilah untuk menulis dan menerbitkan buku kalaunpun hasilnya kurang memuaskan kita perbaiki terus.

Setelah pemaparan Pak Dian Kelana acara akhirnya selesai dan di tutup dengan penyerahan Sertifikat dan Souvenir kepada para pembicara dan peserta serta pemberian piagam penghargaan dari Founder KSGN om Jay kepada pihak TMII dan seperti biasa tidak lengkap kalau tidak ada acara foto bersama (Maaf Fotonya belum bisa di posting) .

Terimakasih demikian laporan singkatnya, semoga bermanfaat. Sampai bertemu di acara Teacher Wiriting Camp (TWC) 4 dan Intip Buku Ketiga.

Advertisements