Tags

, , ,

jne

Motivator Kreatif- Kali ini saya ingin share yang berbeda hal yang tidak sesuai dengan passion saya selama ini, tapi tentu buat saya sebagai pendidik ini penting saya sampaikan. Karena ini akan menjadi pengalaman berharga untuk saya mungkin juga sahabat atau diantara sahabat ada yang mengalami kassus yang sama. Hal ini saya sampaikan juga buat perusahaan agar mau membenahi manajemen yang ada agar menjadi lebih baik.

Sahabat tentu mengenal JNE Kan, pernah mengalami pengalaman “Buruk” yang saya alami? Berikut saya ingin ceritakan pengalaman tersebut.

Oke, langsung saja saya ceritakan.

Sekitar tiga minggu yang lalu saya mengirim sebuah pesanan buku “Saya Mau Jadi Guru GoBlog”, Buku ini dipesan oleh pak.Tirta Jaya dari Cianjur. Buku saya kirim lewat jasa pengiriman JNE, yang katanya selama ini dikenal Profesional dan merupakan jasa pengiriman No.1 di Indonesia, begitu ulasan yang saya baca dari beberapa blog.

Buku inilah yang dipesan oleh Pak.Tirta Jaya

 IMG_20140919_112839

Dibawah ini adalah bukti dari JNE tentang pengiriman yang saya lakukan.

tirta jaya

Sudah satu minggu barang tidak sampai juga, apa yang saya lakukan?

Setelah tahu barang yang saya kirim tidak sampai dengan waktu yang ditentukan yaitu kurang lebih 3 hari dan saya tunggu sampai dengan satu minggu ternyata barang tidak terkirim juga, akhirnya saya datang ke JNE tempat saya mengirim barang, pihak karywan merespon biasa saja dan meminta nomor telepon saya dan dia bilang ” Baik, pak kalau barangnya sudah sampai saya sms bapak”, Gitu doang?, ya hanya gitu doang.

Setelah saya lapor tentu harapannya barang kiriman saya sudah sampai, namun ternyata satu minggu berlalu tak kunjug sampai. Akhirnya saya datang lagi dan dengan sikap biasa-biasa karywan melayani saya dan dia bilang baik bak nanti kami kabari lagi.

Dari sini saya menilai, kok begini yah cara JNE melayani konsumennya, sama sekali tak memberi harapan atau bantuan kepada saya agar barang yang saya kirim bisa sampai. Karena saya sudah bosan, akhirnya saya cek resi JNE online, ternyata barang tetap masih dalam proses dan begitu sampai dua minggu berlalu.

Akhirnya saya cari di google tentang masalah kiriman barang JNE tidak sampai, walah ternyata di forum Kaskus banyak juga orang yang jadi “Korban seperti saya” bahkan ada yang lebih dari dua bulan barang kirimannya tidak sampai-sampai.

Akhirnya saya putuskan untuk telepon CS JNE, Ternyata luar biasa susahnya untuk nyambung, berkali-kali saya telepon tidak nyambung juga. Akhirnya saya pasrah sajalah dan saya putuskan untuk mengirim lewat jasa pengiriman yang lain. Ya, karena orang telah membeli buku pada saya maka saya harus bertanggung jawab untuk mengirimya kembali.

Catatan untuk JNE :

1. Ketika saya memberikan kepercayaan kepada JNE untuk mengirimkan barang seharusnya JNE juga menjaga kepercayaan saya bahwa JNE memang profesional.

2. Saya juga tidak paham apakah JNE akan mengganti barang saya yang tidak terkirim atau mengirimkan kembali kepada saya? sampai saat ini belum ada kejelasan dari pihak JNE, walau saya sudah lapor dua kali. (Jika ada pihak JNE yang baca tulisan ini silakan hubungi saya)

3. JNE seharusnya membangun karywan yang profesional seperti Al-Famart atau Idomart dengan pelayanan yang ramah juga memberikan solusi atau juga seperti BANK-BANK Profesioanal, saya pun tidak tahu pola recruitmen JNE seperti apa.\

4. Dalam konsep Islam jika kita diberikan amanah, maka amanah tersebut harus tersampaikan, jika tidak tentunya adalah dosa baginya yang tidak menyampaikan amanah. Nah dalam hal ini tentu apa yang terjadi pada saya sudah mengurangi kepercayaan saya kepada JNE untuk mengirim barang.

5. Terakhir dari saya, semoga JNE mau membenahi diri agar menjadi lebih baik terimakasih.

Kita lanjut ceritanya….

Setelah itu saya putuskan untuk mengirim ke tempat jasa pengiriman yang lain, saya datang ke TIKI, Wah betapa kagetnya saya jasa pengirimannya mahal bangat yaitu 32.000 untuk mengirim buku ke Cianjur dengan penjelasan bla…bla… dan menurut saya gak masuk akal sementara di JNE sendiri haya 15.000, akhirnya hari berikutnya saya kirim melalui kantor POS Indonesia.

Ternyata POS Indonesia memang lebih baik

Setelah bingung mencari jasa pelayanan pengiriman yang profesional, akhirnya saya putuskan untuk mengirim buku Pak.Tirta Jaya  kedua kalinya tapi kali ini saya kirim lewat POS Indonesia. Setelah ditimbang kemudian karywan menyampaikan jasa pengirimannya sebesar 23.000 ribu rupiah, wah murah bangeut dalam hati saya katakan.

Perlu diketahui saya mengirim dua buku pada saat itu yaitu untuk Pak.Tirta Jaya Ke-Cianjur harganya 10.000 dan untuk Pak.M.Subakri ke Lumajang harganya 12.000 ribu rupiah. Murah bangat kan? Gak percaya coba deh ke kantor POS Indonesia.

Setelah barang dikirim saya masih harap-harap cemas, apakah barang tersebut bisa sampai atau jangan-jangan gak sampai juga, kalau gak sampai juga saya sudah niatkan untuk mentransfer kembali uang pemesan buku (Amanah loh..)

Namun ternyata luar biasa POS Indonesia, dalam waktu dua hari kiriman barang saya sudah sampai. Terimakasih POS Indonesia.

Nah, ini pengalaman saya, sahabat mungkin punya pengalaman yang berbeda silakan komentar di bawah ini.

Untuk JNE tetap saya tunggu konfirmasinya. Terimakasih…

Catatan tambahan :

Setelah setengah jam saya memposting tulisan ini, kemudian saya cari JNE di Facebook dan ketemulah Facebokk JNE Pusat silakan klik disini.

anda tahu betapa kagetnya saya, ternyata hampir semua komentar yang ada adalah keluhan konsumen, weleh-weleh ternyata JNE sudah banyak yang jadi korban seperti saya, kalau gak percaya silakan teman-teman lihat deh disini.

 jne 1

jne 2

Nah, mulai sekarang berhati-hatilah memilih jasa paket pengiriman….

