Tags

, , , ,

kepala sekolah inspiratif

Motivator Pendidikan Kreatif- Beberapa bulan yang lalu saya membuat sebuah tulisan dengan judul “6 Cara Membuat Brand Sekolah”.  artikel tersebuat saya posting juga di guraru.org, kemudian salah seorang sahabat baik saya berkomentar “Pak, Tulis dong bagaiaman caranya jadi kepala sekolah inspiratif”. Dalam hati saya menjawab, ah saya gak berani menulis ini, karena saya sendiri merasa kepala sekolah yang biasa-biasa saja.

Namun hari ini saya ingin memberikan pandangan saya sendiri seperti apah sih kepala sekolah inspiratif itu? apa yang saya tulis sama sekali tidak mencerminkan kepribadian saya. berikut ini 7 Tips Menjadi Kepala Sekolah Inspiratif:

1. Berakhlak Mulia : Menurut saya ini adalah syarat utama untuk menjadi kepala sekolah inspiratif, karena akhlak merupakan wujud nyata seseorang dalam menjalani hidupnya. Akhlak mulia ini tentu ditunjukan dengan keteladan yang benar-benar real, seperti menjaga Sholat lima waktunya, menyediakan waktu membaca Al-Qur’an, melaksanakan ibadah yang lainnya, berkata dengan bahasa penuh hikmah dan juga selalu menjaga kehormatan dirinya.

2. Cerdas :Syarat yang kedua untuk menjadi kepala sekolah inspiratif adalah menjadi sosok yang cerdas, Cerdas bukan berarti lulus dengan predikat Cumlaude, tapi kepala sekolah yang cerdas adalah mampu memanage sekolahnya dan masyarakat sekolah secara baik. Kepala Sekolah yang cerdas mampu mengeluarkan solusi-solusi terbaik dalam menghadapi berbagai permasalahan yang di hadapi sekolahnya. Kecerdasan ini tentu harus di kuatkan dengan kemauan dirinya untuk berdiskusi dengan orang lain yang sudah pengalaman serta raji-rajinlah membaca, baik membaca buku maupun membaca artikel di internet.

3. Memiliki Pandangan Kedepan : Jangan jadi kepala sekolah kalau anda hanya punya kemampuan melanjutkan program yang ada, menjadi kepala sekolah Inspiratif harus memilki pandangan jauh kedepan, bagaimana membangun sekolah ini menghasilkan lulusan berkualitas. Oleh sebab itu kepala sekolah Inspiratif, harus memilki cara pandang yang luas dan terbuka dalam menghadapi berbagai perkembangan zaman. Sangat penting memilki cara pandang kedepan, karena sekolah harus terus begerak menjadi sekolah pilihan masyarat. Tetu untuk mewujudkan itu semua kepala sekolah pun harus berani dan mampu mengubah persepsi guru-gurunya agar mau maju dan tidak takut dengan perubahan yang akan terjadi.

4. Memilki jiwa Kreatif : Menjadi kepala sekolah inspiratif tidak akan terwujud apabila sang kepala sekolah tidak punya kreativitas dalam mengelola sekolahnya. Kepala Sekolah yang kreatif adalah kepala sekolah yang mampu membangun citra atau Brand sekolah di mata masyarakat dikenal dengan kualitas keunggulannya. Kreativitas tentu lahir dari orang-orang yang memilki semangat juang yang tinggi untuk melahirkan karya-karya baru, tanpa harus menjadi bebek atau menjadi pelanjut kepala sekolah sebelumnya.

5. Tegas dan Disiplin : Ciri seorang Leader adalah memilki ketegasan dalam bersikap dan memiliki displin yang tinggi dalam memanfaatkan waktu dengan sebaik-baiknya. Sekolah tanpa pemimpin yang tegas hanya akan melahirkan guru-guru dan siswa yang apa adanya, belajar semaunya datang juga semaunya. Ketegasan dan kedisplinan seorang kepala sekolah inspiratif mutlak diperlukan.

6. Humanis : Kita tida mungkin mampu menjadi kepala sekolah Inspiratif, tanpa mampu memanusiakan guru sebagai sahabat dan rekan terbaik kita, guru bukanlah bawahan kepala sekolah tapi guru adalah rekan dalam mendidik. Begitupun siswa adalah sahabat terbaik bagi kepala sekolah, jadi muliakan bereka dengan sikap humanis kita.

7. Memilki Integritas : sebuah bahasa yang sedang populis di negeri kita, saya pikir bukan hanya para pemimpin negara atau pimpinan partai politik atau anggota dewan yang harus punya integritas, tapi kepala sekolah juga harus memilki integritas. Kepala sekolah inspiratif adalah kepala sekolah yang mampu menjadikan keteladan Nabi Muhammad SAW, dengan sifat yang muliah yaitu Sidik, Tabligh, Amanah, dan Fatonah.

Dari semua urian di atas, untuk menjadi kepala sekolah inspiratif, memang bukanlah sesuatu yang mudah, saya sendiri tidak mampu melakukan hal itu. Sekali lagi saya sampaikan, bahwa apa yang saya tulis sama sekali tidak mencerminkan diri saya. Terimakasih, semoga anda menjadi kepala sekolah inspiratif, jika sudah berhasil tolong kasih tahu saya. Jangan lupa juga Follow @guruberakhak.

 Poster Training Ujian Nasional

Download Proposal Training Pelajar Inspiratif

Advertisements