Tags

, , ,

Melunasi Janji Kemerdekaan

 

Buku Keren Biografi Anies Baswedan “Melunasi Janji Kemerdekaan”

Motivator Pendidikan Kreatif- Tentu kita sudah tidak asing dengan sosok satu ini, Anies Baswedan tokoh yang terkenal karena kecerdasan intelektualnya. Rektor Termuda yang pernah ada di Universitas Paramadina (UPM) atau di Indonesia. Menelurusi Jejak langkah kehidupan Anies Baswedan melalui Buku Biorgrafi Kehidupannya dengan judul Melunasi Janji Kemerdekaan”  membuat kita lebih mengenal sosok ini lebih dekat. Buku biografi ini juga layak di baca oleh para pendidik karena buku ini berbeda dengan buku-buku biografi yang lainnya, Buku Biografi Anies Baswedan lebih banyak bercerita tentang pendidikan.

Sebagai pendidik saya pikir kita perlu banyak belajar dari bang Anies Baswedan Tokoh yang berhasil dengan Gerakan Indonesia Mengajar (GIM), Gerakan Indonesia mengajar adalah sebuah gerakan yang dibuat oleh Anies Baswedan untuk mengirim para pengajar muda kepelosok tanah air di Indonesia, ke daerah-daerah perbatasan, ke pegunungan, keberbagai perbatasan di Indonesia. GIM lahir sebagai gerakan sosial yang perlu di contoh oleh banyak Universitas di Indonesia, karena semakin banyak gerakan seperti ini maka semakin banyak yang tercerdaskan di pelosok negeri yang sulit terjangkau.

Menurut saya Bang Anies Baswedan adalah sosok yang kreatif dalam membuat gerakan yang sangat Inspiratif, mampu menggerakan para generasi muda untuk mau berbagi dipedalaman, Anies Baswedan telah berhasil mengerakan nurani para generasi terbaik bangsa ini untuk mau berbagi dengan anak-anak di seluruh pelosok Indonesia.Yang perlu menjadi catatan besar adalah Bang Anies sendiri dan Tim dari GIM tidak pernah mendapatkan gaji atau tidak pernah mengharapkan gaji, GIM adalah murni gerakan sosial, bagi bang Anies bisa melakukan gerakan ini adalah kebahagian tersendiri yang tidak bisa ternilai harganya serta buat bang Anies ini merupakan bagian janjinya untuk melunasi kemerdekan, yaitu ikut mencerdaskan bangsa.

Membaca buku ini membuat saya semakin yakin bahwa bahwa sebuah gerakan mencerdaskan bangsa lewat gerakan sosial adalah sebuah gerakan yang sangat baik, karena yang dibutuhkan adalah keikhlasan diri untuk mewakafkan keilmuan yang di miliki untuk menginspirasi banyak orang. oleh sebab itu saya dan om Jay serta teman-teman yang lain juga merasa yakin bahwa apa yang dilakukan Komunitas Sejuta Guru Ngeblog (KSGN) dengan gerakannya mencerdaskan guru di era digital dengan memberikan pelatihan gratis, adalah sebuah gerakan nyata yang bisa kita lakukan dalam upaya mencerdaskan guru.

Anies Baswedan dalam pandangan saya adalah sosok pendidik yang perlu banyak di contoh oleh para Rektor lain, seadainya banyak rektor di indonesia yang kreatif seperti bang Anies Baswedan dalam melakukan gerakan sosial, maka akan semakin banyak tumbuh generasi berjiwa sosial yang cerdas dan berjiwa mandiri. Sosok intelektual kreatif di negeri ini tidak banyak, keilmuan yang dimilikinya hanya menjadi pemuas komersialisasi dalam mensejahterkan dirinya serta sedikit sekali yang mau gerakan sosial yang mau tanpa dibayar. Bukankah orang pintar itu bisa disebut pintar kalau sudah memintarkan orang lain, bukankah seseorang bisa disebut hebat jika sudah bisa menghebatkan orang lain.

Mengenalkan sosok Anies Baswedan rasanya tidak cukup lewat tulisan singkat ini, saya sarankan sahabat untuk membeli buku Biografi beliau, semoga terinspirasi dan kita mamu menjadi pendidik yang kreatif.

 

 

Advertisements