Tags

, ,

guru edan di zaman kreatif

Motivator Pendidikan Kreatif-Beberapa hari yang lalu om Jay menulis artikel di kompasiana.com dengan judul “Menjadi Guru Kreatif di zaman edan” intinya tulisan beliau adalah bahwa guru harus terus berkreatifitas dalam proses belajar mengajar terutama yang paling penting adalah tenatang harusnya melakukan Penelitian Tindakan Kelas (PTK).

Lau saya membalik judul tersebut dengan “Guru edan di zaman kreatif”, tak lain ini adalah persepsi saya tentang bahwa dunia pendidikan dan dunia disekitar kita kiti sudah semakin kreatif. Kecanggihan teknologi dan kemudahannya menurut saya adalah bagian dari sebuah kreatifitas kemajuan jaman, banyak rumah-rumah makan kreatif dan distro-distro kreatif menunjukan bahkan sesungguhnya kita sedang berada di zaman kreatif.

Zaman kreatif itu juga menurut saya ada dalam dunia pendidikan masa kini, pendidikan kreatif itu bisa kita lihat dengan banyak model pembelajaran yang bisa dilakukan oleh guru, saat kita PLPG begitu banyak model pembelajaran yang disampaikan oleh para pembicara, akses ilmu pengetahuan bisa kita dapatkan dari berbagai sumber bahkan dalam hitungan detik.

Lalu apa Guru Edan di Zaman Kreatif?

1. Anti Teknologi tidak mau menggunakan Teknologi sebagai teman belajar seperti Notebook, LCD atau blog (bisa jadi guru seperti memang masih gaptek)

2. Memiliki cara padang yang sempit dalam berfikir, tidak respon terhadap perubahan yang terjadi, masih berfikir cara tradisional dalam menyelesaikan masalah siswa dan sekolah, bakan tidak bisa membangun visi sekolah.

3. Egois dengan kebodohannya dan mencari pembenaran diri dalam setiap kesalahan yang dilakukannya.

4. Pemalas dan tidak displin, datang masih senang terlambat, punya pikiran yang penting datang dari pada tidak mengajar, padahal anak-anak didiknya bersemangat datang pagi.Wah yang begini gak bisa di jadikan teladan dasar guru …..

5. Jadi guru apa adanya, yang penting ngajar! (ini tanda guru masih jahiliyah (edan), guru itu datang bukan sekedar ngajar kemudian langsung pulang. Tapi guru harus mampu menjadi inspirasi bagi murid-muridnya, punya prestasi, punya karya, semangatnya bisa di contoh, memanfaatkan waktu untuk mengembangkan dirinya dan mengembangkan kemampuan siswa.

6. Gak mau belajar dan sudah merasa pintar! (sombong) padahal ilmu pengetahuan terus berkembang seiring dengan kemajuan zaman.

Sebenarnya masih banyak kriteria guru edan di zaman kreatif, karena saya mau ngajar dulu nanti kita lanjutkan lagi, ok!. Semoga saya dan sahabat semua tidak termasuk guru edan di zaman kreatif.

Advertisements