Tags

,

Kepala Sekolah Kreatif

Motivator Pendidikan Kreatif- Apa kabar di pagiJum’at yang barokah ini ? semoga Allah SWT senantiasa menguatkan langkah kita untuk menjaga amanah ini dengan sebaik-baiknya.

Jadi kepala sekolah itu enak gak sih? He..he.. jadi kepala baru satu tahun saja kayaknya membosankan buat saya, kok bisa begitu? Habisnya jadi kepa sekolah jam ngajarnya sedikit, urusannya cuma rapat-rapat, apalagi kalau harus rapat dinas paling membosankan. yang bisa dilakukan paling ngerumpi sama guru-guru.

Ah, kayaknya kalau begitu-begitu doang kayaknya gak kreatif bangat tuh. apa karya yang bisa kita hasilkan untuk sekolah kita, mana hasil kita menjadi pemimpin di sekolah, sudah bisa jadi apa anak-anak di sekolah kita.

Saya bersyukur dapat inspirasi dari kepala-kepala sekolah yang hebat dan luar biasa, keluangan waktu bahkan kesibukan menjadikan orang-orang ini semakin kreatif dalam menjadi pemipin di sekolah bahkan mereka masih punya waktu untuk berbagi dengan guru-guru di pelosok negeri. Saya bersyukur berkenalan dengan Agus Sampurno @gurukreatif (http://gurukreatif.wordpress.com), Dedi Dwigatama (http://dedidwitagama.wordpress.com),Bhayu Sulistiawan (http://abuabad.wordpress.com), mereka adalah di antara para kepala sekolah yang menurut saya kreatif.

Baru satu tahun ini saya menjadi kepala Sekolah Akhlak SD Muhammadiyah 03 Cileungsi, hari-hari luang saya sangat banyak karena siswa sekolah kami masih baru siswa juga masih belum banyak. Saya memanfaatkan waktu yang luang ini untuk :

1. Mengenalkan Brand Sekolah Akhlak lewat jejaring sosial Blog, Twitter dan Facebook, tapi saya lebih suka berbagai lewat tulisan dari pada status di Facebook.

2. Saya gunakan waktu luang ini untuk menulis artikel di blog atau di Majalah

3. Saya gunakan waktu luang untuk membangun jejaring dengan sahabat di seluruh Indonesia lewat Media Sosial karena dari mereka saya dapat Inspirasi

4. Saya gunakan waktu luang untuk membaca dan mendengarkan Al-Qur’an, mendengarkan kajian dan mendengarkan Motivasi.

5. Saya targetkan 1 Tahun untuk bisa menulis 1 Buku dari kisah-kisah yang saya alami terutama dalam dunia pendidikan (Insyallah tahun ini menerbitkan buku “Mendidik dengan Keteladanan”)

6. Saya menggunakan waktu luang untuk bekerja sosial memberikan pelatihan Gratis kepada guru-guru atau kepada para aktivis pemuda

7. Saya menggunakan waktu luang untuk terus belajar berkarya, seperti mendisein poster, majalah, slogan dan lain sebagainya.

Loh kok gak ada waktu luangnya untuk mengerjakan tugas-tugas kepala sekolah? tugas kepala sekolah tentu tidak harus di uraikan disini, itu adalah kewajiban. Sementara kreatifitas adalah bagian dari memanfaatkan waktu agar lebih bermanfaat.

Saya sendiri belum bisa menjadi yang terbaik bagi tempat saya beraktivitas, saya terus belajar kepada banyak orang, dan Insyallah saya tidak akan berhenti belajar sampai dengan Allah menakdirkan saya untuk tidak bisa menghirup udara segar di alam ini.

Sahabatku para kepala sekolah, mari kita gunakan waktu yang luang ini untuk melakuakn hal yang positif, agar apa yang kita lakukan terasa manfaatnya untuk orang banyak dan semoga segala apa yang kita lakukan kita niatkan untuk beribadah kepada Allah SWT.

Jum’at Barokah, 10 Rajab 1435 H

