Tags

,

Inspirasi keteladanan orang tua

 

Guru Berakhlak- Hari ini jum’at 28 Maret 2014, saya bersilaturahim dengan orang tua wali murid Sekolah Akhlak SD Muhammadiyah 03 Cileungsi. Kami menyelenggarakan kegiatan rutin yaitu kajian trwi mulan dan pembagian rapot mid semester. Sebagai pengantar kajian, saya menyampaikan materi tentang Inspirasi Keteladan Orang Tua. 

sekolah akhlak

Sekolah Akhlak adalah sebuah lembaga pendidikan yang memfokuskan pada nila-nilai keteladanan, kami tidak hanya ingin pendidikan keteladanan mereka peroleh dari sekolah tapi yang lebih pentig adalah bahwa keteladanan terbaik harus siswa dapatkan dari orang tua mereka masing-masing. Orang tualah yang harus menjadi teladan utama bagi anak-anaknya sendiri, jangan sampai anak-anak kita mengindolakan para artis dan mungkin mengidolakan para tokoh super hebat dan film-film yang mereka tonton.

namin ab

Orang tua adalah cerminan bagi anak-anaknya, mereka akan mencontoh apa yang kita lakukan. Ada banyak hal yang kita tidak sadari bahwa ternyata apa yang terjadi pada anak kita saat ini, adalah cerminan kita di masa lalu.  Oleh sebab itu sudah sepatutnya ciptakanlah sebuah aktivitas yang positif dalam lingkungan keluarga dan berikanlah contoh terbaik bagi anak-anak kita. Coba perhatikan Slide Presentasi saya berikut ini :

motivator kreatif

namin ab

guru berakhlak

Begitulah kita terkandang kita tidak konsisten dalam membuat aturan, anak kita larang untuk melakukan sesuatu tapi kilah malah asyik menikmatinya. itulah yang disebut sebagai sebuah keteladan yang buruk, hal ini dapat melahirkan anak-anak yang tidak jauh berbeda dengan orang tuanya.

Cuplikan tentang keteladan ini saya ambil dari website Ust.Firanda (www.firanda.com), ini lebih lengkapnya :

Seorang pendidik bertanya kepada sekumpulan anak-anak, “Apakah cita cita kalian kalau sudah besar”. Anak pertama menjawab :”Ingin jadi polisi”, kedua ;”Ingin menjadi pilot”, ketiga :”Ingin jadi sahabat Nabi”!!!
Jawaban anak ketiga menunjukan penanaman agama yang tinggi orang tuanya, ibunya atau ayahnya kepada sang anak.
Sekarang marilah kita tanyakan kepada anak-anak kita, kalau sudah besar mau jadi apa??
Semoga ia tdk menjawab:

– jadi spiderman….atau
– batman…
– xman…
– naruto…atau yang lainnya…atau
– ingin bisa makan indomi??
Ada seorang ikhwan yang selalu melarang anaknya makan indomie, akan tetapi ikhwan tersebut sering makan indomi. Maka sang anak (yang berusia sekitar 4 tahun) bertanya “Abi kok boleh makan indomi?”. Maka sang ayah menjawab :”Karena abi sudah besar, kamu kalau sudah besar juga boleh makan indomi”
Sang anak karena begitu sukanya dengan indomi, suatu ketika ada sahabat ayahnya yang bertanya kepada anak tersebut, “Kamu kalau udah gede mau jadi apa?”, maka spontan sang anak tersebut menjawab,”Ingin bisa makan indomi”….

Wahai para orang tua, semoga kita bisa memberikan teladan terbaik bagi anak-anak kita. semoga anak-anak kita tumbuh menjadi anak-anak yang soleh dan solehah.Amin………………

http://www.guruberakhlak.com

Advertisements