Tags

,

belajar dengan menggunkan vidio

Siswa SD Muhammadiyah 02 Cileungsi, antusias menonton Film “Sang Pencerah”(Infokus sedang rusak jadi hanya bisa pake Notebook)

Apa kabar sahabat @guruberakhlak, mengajar menggunakan vidio memang memilki keunggulan tersendiri, dengan model pembelajaran yang lainnya. dua bulan yang lalu, saya mengajar profil.KH.Ahmad dahlan dan tokoh-tokoh Indonesia yang lainnya. Foto di atas menunjukan betapa anak-anak begitu antusias menonton Film “sang pencerah” yaitu film yang menceritkana KH.Ahmad Dahlan mendirikan Muhammadiyah, mengelola pendidikan moderen dan menyebarkan luaskan pemahaman Islam yang sesuai dengan Al-Qur’an dan As-sunah.

Belajar menggunakan Vidio, membuat anak-anak lebih mendalami dan memahami perjalanan hidup sang tokoh yang sedang dibahas dalam pembelajaran. setelah anak-anak menonton vidio tersebut, mereka diberikan kesempatan untuk menanggapi tentang hikmah dan motivasi yang didapat dari profil tokoh tersebut dan siswa juga diberikan kesempatan untuk bertanya tentang sesuatu yang tidak mereka pahami.

Bagi saya sebagai salah satu guru yang mengajarkan tentang sejarah Islam, vidio sangat membantu sekali dalam proses pembelajaran dan bisa dilihat hasilnya belajar sejarah dengan hanya diceritakan oleh gurunya dibandingan dengan menggunakan audio visual pasti lebih berbeda. mungkin inilah yang dinamakan pembelajaran yang bermakna.

Semoga bermanfaat…

Namin AB Ibnu Solihin

Advertisements