Tags

, , ,

apa kabar sahabat @guruberakhlak, semoga pagi ini kebahagian senantiasa kita dapatkan dan semoga pula Jum’at yang pernuh berkah ini , kita senantiasa mendapatkan keberkahan dari Allah SWT.

Guru itu harus datang on Time atau In Time?

Itulah sebuah pertanyaan sang Profesor, kepada saya, saat menjalani sidang untuk mendapatkan gelar Magister Administrasi Pendidikan Universitas Muhamamdiyah Prof.Dr.Hamka Jakarta tahun 2011 yang lalu.

Sahabat @guruberakhlak apa yah Jawabanya?
Kenapa muncul pertanyaan seperti itu dari sang profesor, karena pada saat itu saya menjelaskan tentang salah satu ciri guru Profesional adalah dia datang on time ke-sekolah, begitulah kira-kira salah satu penjelasan saya.

Lalu munculah pertanyaan tersebut dari sang profesor, selanjutnya beliau menjelaskan :

Pak Namin, kalau On Time itu seorang guru datang tepat waktu pada waktu yang sudah ditentukan, seperti datang seminar, ke-sekolah, datang ke-kampus dan datang ke-acara yang lainnya. sementara kalau In Time adalah sesorang datang sebelum waktu yang ditentukan di mulai. contohnya, jika waktu masuk jam sekolah adalah jam 07.00, maka dia harus datang misalkan jam 06.45, itulah yang dinamakan In Time.

Nah, sahabat @guruberakhlak mana yang mau kita pilih apakah jadi guru Profesional yang datang On Time atau In Time?

Kalau kita rasakan datang In Time lebih nikmat dari pada datang On Time, pernahkan kita di undang pada sebuh acara seminar, lalu kita datang pas acara di mulai, sementara kita belum menarik nafas, atau melihat situasi yang ada, kadang perasaan kita pun tidak tenang. Tapi coba kita rasakan jika kita datang pada acara seminar 20 menit sebelum acara dimulai kita sudah datang, kita bisa memilih tempat duduk dimana yang kita inginkan, kita bisa tahu dimana posisi toilet, dan kita bisa membaca situasi yang ada, bahkan kita bisa berkenalan dan berbincang dengan orang yang ada disamping kita, pasti akan kita rasakan lebih nyaman.

Semoga bermanfaat, ayo terus berbagi dan kita bangun Generasi berakhlak

Namin AB Ibnu Solihin|28 Rabiul Akhir 1435 H

Advertisements