Tags

, , , ,

Vidio Qarira Shatara Syihana sedang asyik mengetik sambil bernyanyi (saat usia 1,5 Tahun)

Apa kabar sahabat @guruberakhlak, jum’at yang mulia ini saya ingin berbagi bagaimana saya mengajarkan teknologi kepada putri saya yang pertama, Qarira Shatara Syihana.

Mengajar Teknologi sejak dini, apakah bisa dilakukan dan apakah akan berdampak pada perekembangan anak?

Sejak anak saya memasuki usia satu tahun, saya mulai mengenalkan anak saya dengan Komputer, seperti menonton Vidio di Komputer dan mengetik di Word. buat saya ini adalah salah satu cara agar anak saya tidak “Gaptek” atau lebih para lagi terlihat nora ketika ada orang yang menggunakan benda yang sama. Tapi yang paling penting saya ingin mendidik anak saya secara cerdas bagaimana ia berkreativitas dalam belajar mengetik dan membuka file. saya biarkan anak saya untuk mengotak-ngatik laptop saya dan apa yang terjadi ketika usianya sudah tiga tahun?

2Tahun mengenal Teknologi lewat Laptop dan Notebook

anak saya kini usia sudah tiga tahu, notebook bukanlah sesuatu yang menakutkan buatnya, dia sudah ahli membuka File, memutar Vidio, menghidupkan notebook, dan mematikan.  selain itu putri saya juga sudah bisa bermain game sendiri di notebook dan paham bagaimana mengakhirinya.  yang paling penting anak saya memainkan notebook, tanpa menggunakan mouse, karena memang itu yang saja ajarkan kepada anak saya.

Yang menjadi catatan penting adalah, jangan sampai kita menyimpan Vidio dan Gambar yang tidak pantas dan haram untuk dilihat dan ditonton, karena jika anak mengklik folder yang ada akan sangat berbahanya.

agar lebih jelas saya jelaskan tahapan mengenalkan Teknologi pada anak :

1. Kenaklan bentuk Laptop, Notebook atau PC, Jelaskan dengan sederhana apa fungsinya dan bagaimana menggunakannya

2. Berikan tontonan yang mengasikan baginya, terutama tontonan tentang pembelajaran yang mendidik dan kenalkan pula dengan game yang mendidik

3. Dampingi anak saat menonton dan jawab setiap pertanyaan yang ia tanyakan dengan baik, karena pada proses ini anak pasti banyak ingin tahu sesuatu.

4. Ajarkan anak bagaimana menggunakana Laptop, seperti menyalakan, membuka file, menyalakan vidio, memanikan vidio dan sampai dengan mematikan laptop

5. Ajarkan anak bagaimana menjaga dan merawatnya

6. Ajarkan anak program yang sederhana seperti Paint dan Word, ajrkan mereka mengetik dan mewarnai, memilih font dan sebagainya.

7. Yang terakhir niatkan diri untuk tidak pamer tapi untuk mencerdaskan anak kita

Pada proses pembelajaran seperti ini anak-anak akan sering bertanya, karena memang disebakan karena ketidak tahuannya, oleh sebab itu jangan pernah kita merasa bosan untuk menjawan segala pertanyaanya.

Terimakasih semoga bermanfaat….. Lebih lengkap baca disini www.guruberakhlak.com

 

Namin AB Ibnu Solihin|www.guruberakhlak.com

 

Advertisements