Tags

, , , , , ,

FACEBOOK SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN

Apa kabar sahat @guruberakhlak  pagi ini? semoga dalam keadaan sehat dan tetap semangat untuk terus berbagi. Pagi ini saya ingin berbagai bagaimana kita menggunkan Facebook dan Blog secara cerdas digunakan sebagai media pembelajaran. Media sosial Facebook, Twitter dan Blog adalah sesuatu yang nyata adanya dari ketiga media sosial tersebut Facebook dan Twitter merupakan media sosial yang paling banyak digunakan terutama oleh para pelajar. oleh karena itu hal ini harus kita manfaatkan untuk mengarahkan siswa untuk menggunkan Facebook dan Twitter secara cerdas dengan menggunakannya sebagai bagian dari sebuah proses pembelajaran.

Tahun 2014, saya mulai memberanikan diri untuk melakukan hal ini. dengan sangat hati-hati saya menjelaskan kepada siswa bagaimana mereka memulai pembelajaran yang menyenangkan ini karena saya tidak ingin mereka menggunakan kesempatan ini untuk sesuatu alasan yang tidak baik, sehingga akhirnya mereka malah asyik bermain di warnet. pagi ini saya  juga mencoba searching tentang media pembelajaran lewat Facebook dan Blog dan ternyata isinya hanya sekedar tulisan teori yang diposting oleh para mahasiswa.

Berikut ini langkah-langkah saya memulai pembelajaran menggunkan Facebook, Twitter dan Blog pada siswa kelas 4 (empat) sekolah Dasar :

1. Mengenalkan alamat Blog , yaitu blog http://guruberakhlak.wordpress.com dan http://guru-berakhlak.blogspot.com, pengenalan alamat blog kita sangat penting, karena dari sini sumber belajar pertama kali di mulai-dari blog inilah anak-anak akan mendapatkan soal beserta petunjuknya.

2. Menggenalakan alamat Facebook dan Twiteer. ini alamat saya https://twitter.com/guruberakhlak dan https://www.facebook.com/Namin.AB, pengenalan Facebook dan Twitter kita sangat penting, karena dari sini komunikasi pembelajaran dilakukan. saya meminta siswa saya untuk mem-follow dan berteman dengan saya di Facebook.

3. Memberi contoh nyata secara langsung perekelompok. Selanjutnya setelah saya mengenalkan blog dan akun media sosial, langkah berikut saya memberikan contoh secara langsung kepada para siswa bagaimana langkah-langkah pembelajarannya. langkah pertama, membuka google kemudian mengetik nama blog saya, setelah alamat blog muncul. langkah kedua, para siswa melihat menu blog diatas header dan mencari menu soal-soal kemudian mengkliknya. langkah ketiga, soal-soal tersebut di copy paste ke programa Ms Word. selanjutkan untuk langkah keempat Print soal tersebut dan isi sesuai pertanyaan yang ada. lihat contoh soal disini.http://guruberakhlak.wordpress.com/soal-soal/ atau http://guru-berakhlak.blogspot.com/p/soal-soal.html.

4. Memfoto lembar jawaban dan mengauploudnya di Facebook masing-masing siswa. langkah berikutnya saya memberikan contoh bagaimana para siswa memfoto hasil lembar jawaban kemudian menguplodenya di Facebook masing-masing, setelah ini hasilnya di share ke Facebook saya dan akhirnya jawabpun terkirim, selesailah tugas mereka.

5. Pengumuman Nilai lewat Blog dan Facebook. setelah tugas siswa selesai, langkah selanjutnya kita harus benar-benar menilai hasilnya. setelah ini di umumkan lewat Facebook dam Blog.

Catatan Penting : saya tidak mewajibkan siswa memiliki Facebook apalagi yang masih tidak diperbolehkan oleh orang tuanya, mereka bisa mengerjakan soal dengan menggunakan Facebook Orang tua, saudara atau temannya.

Untuk pembelajaran lewat Twitter belum bisa saya lakukan, karena masih sedikit siswa yang memilki akun twitter.

Nah, setelah saya jelaskan, bagaimana tahap pembelajaranya. agar saya tidak dikatakan teoritis juga berikan ini saya tampilkan print screennya :

Tampilan soal-soal di blog

Soal di Blog

Tampilan hasil tugas siswa di Facebook

Facebook media pembelajaran

Untul lebih jelansya bisa berkunjung ke Facebook saya disini. https://www.facebook.com/Namin.AB

Ok, untuk sementara sekian dulu, kedepan saya ingin terus berbagi, bagaimana kita menggunakan media sosial sebagai sebuah pembelajaran yang mengasikan dan bisa kita gunakan secara cerdas. Belajar lewat facebook dan blog ternyata tidak sulit kan?, selamat mencoba!

Namin AB Ibnu Solihin|Senin, 18 Rabiulawal 1435 H

http://guruberakhlak.wordpress.com |http://guru-berakhlak.blogspot.com/

Advertisements