Tags

, ,

IMG03323-20131030-0927

Apa Kabar semua? semoga Allah SWT, Senantiasa memberikan kekuatan dan kesehatan kepada kita semua, kini kita sedang berada dimusim penghujan, semoga kita terus berusaha untuk menjaga diri kita dari makanan-makanan yang sehat dan halal.

Blog guru berakhlak, kali ini ingin berbagi tentang bagimana kita sebagai seorang guru untuk senantiasa menjaga Akhlak kita. akhlak mulia bagi seorang guru mutlak diperlukan, karena guru adalah sosok yang perilakunya akan di contoh oleh anak didiknya, maka ada istiliah “guru kencing berdiri murid kencing berlari”. tentu jangan sampai kita memberikan contoh-contoh yang tidak baik, hadirkan teladan terbaik dari kita, karena sesungguhnya cara terbaik dalam mendidik adalah dengan memberi keteladanan.

Kini di jaman era digital anak-anak sudah kehilangan keteladanan, bahkan dari guru dan orang tuanya sendiri. padahal cara terbaik dan termudah dalam mendidik adalah dengan memberikan contoh secara nyata, berapa banyak guru dan orang tua yang ketika azan memanggil untuk segera melaksanakan sholat ke-Masjid, berapa banyak orang tua yang berjilbab menutup auratnya, sementara anak-anak perempuannya di sekolahkan di sekolah Islam.

Wahai para guru dan orang tua, sesungguhnya anak-anak yang berakhlak mulia, hanya akan lahir dari guru dan orang tua yang berakhlak pula. perhatikan hadits berikut :

hadist

Kaum mukminin yang paling sempurna imannya adalah yang bagus akhlaknya
dan sebaik-baik kalian adalah yang paling baik terhadap istri-istrinya
.”
(HR.Tirmidzi)

Sungguh mulia jika kita mampu menjaga Akhlak mulia ini, bahkan Rasulullah mengatakan bahwa yang paling sempurna imannya adalah yang paling baik akhlaknya, semoga kita termasuk orang-orang yang demikian.

Oleh sebab itu patut diperhatikan bagi para guru untuk senantiasa menjaga akhlaknya dengan :

1. Menjaga sholat lima waktunya, berjamaah ke-Masjid bagi laki-laki

2. Menjaga ucapan dan perilaku kita baik ketika di sekolah, lingkungan masyarakat dan perjalananan

3. Menjaga hati dengan tidak bergibah dan berkumpul-kumpul yang tidak memberikan nilai manfaat

4. Membiasakan jadwal membaca dan menghafal Al-Qur’an

5. Senantiasa menambah ilmunya dengan menghadiri kajian-kajian dan membaca Buku

6. Menjaga pergaulan dengan lawan jenis yang bukan muhrim

7. Berpakaian yang sopan dan rapih tidak menunjukan auratnya

Semoga Allah menjaga akhlak kita, agar senatiasa berada pada naungannya.

Namin AB ibnu Solihin|11 Rabiulawal 1435 H

Advertisements